Roasted, Grilled, Baked, Toasted dan Broiled

Sering atau pernah mendengar istilah-istilah di atas? Untuk teman-teman yang hobby berkuliner dan mencoba berbagai kuliner pasti tidak akan asing dengan istilah-istilah yang saya sebutkan di judul ini.

Dalam kamus bahasa Inggris, istilah-istilah di atas artinya sama yaitu “memanggang” akan tetapi mereka memiliki perbedaan. Saat saya dan suami sedang dalam perjalanan pulang dan mencari-cari ide menu makan untuk makan malam tidak sadar melihat satu restaurant dengan tulisan “Roasted Chicken” di seberang lain ada tulisan “Chicked Grilled” akhirnya suami saya yang emang suka sekali dengan masak memasak (meski saya tidak tahu apakah dia benar pandai memasak, he he he) bertanya sama saya.

“Yang, emang apa bedanya Roasted ama Grilled” saya sih jawabnya santai saja karena saya emang gak tahu.
“Gak tahu, entar kita Google aja ya..” begitu jawab saya.

Akhirnya kami menemukan jawaban untuk masing-masing istilah di atas:

Roasted: System memanggang dengan cara membungkusnya(dengan aluminum foil kadang) di dalam oven dengan tanpa campuran apa-apa dan biasanya untuk daging dan sayuran.

Grilled: Memanggang dengan memakai gas atau arang, namun lebih bagus dengan arang di atas papan panggang dan dilakukan secara langsung. Biasanya untuk ikan, daging dsb.

Baked: Dilakukan dengan oven tertutup tanpa menutup (makanan yang di panggang) dengan suhu panas dari segala arah, pada kue misalnya.

Toasted: Cara memanggang cepat untuk mendapatkan warna coklat pada dua sisi, bisa dengan mesin toast atau papan toaster, untuk roti biasanya.

Brolied: System panggang dengan panas dari atas makanan dengan jarak 4-7 inchi, di dalam oven dan biasanya untuk makanan yang tipis seperti Pizza atau daging.

Penting nggak sih mengetahui hal ini? Penting-penting gak, sih…hanya sebagai pengetahuan saja apalagi kalau kita penggemar Master Chef, he he he

2 thoughts on “Roasted, Grilled, Baked, Toasted dan Broiled

  1. Aku masih suka kebalik2 antara roasted & grilled.. hahaha.. kadang aku kira malah sama aja.. :P

    tapi kayak gini harus tau juga, biar kalo ke resto bisa bedain kalo baca menu.. hahaha

So what's your opinion?

