Penghujung jelajah 2010

Tidak terasa jelajahku di tahun 2010 hampir berakhir, di penghujung tahun ini banyak sekali perenungan-perenungan yang tercipta dalam setiap bait-bait puisi juga syair yang aku tulis, bukan untuk menggurui tapi semata sebagai reminder buat diri sendiri dan bersyukur jika itu juga dapat berguna bagi sahabat-sahabat yang lain.

Jelajahku di tahun 2010 adalah sebuah perjalanan yang penuh perjuangan dan sebuah resolusi di tahun 2009, keluar dari zona nyaman dan berani memulai sebuah lembar kehidupan dari awal.

Berawal di penghujung tahun 2009, di mana aku ingin memperbaiki hidup yang telah kacau balau, awalnya hanya karena satu masalah dipekerjaan yang begitu mengganggu pikiran, menyita waktu dan perasaan aku datang ke Bali, niat pertama untuk menenangkan diri setelah mengambil keputusan besar resign dari tempat kerja lama yang sebenarnya menaruh aku dalam posisi zona nyaman, tapi pada akhirnya aku memilih menetap.

Satu tahun hampir terlewati di sini, banyak hal yang yang terkadang membuatku harus menangis karena merasa tak berguna.

Pertama: Karena kesibukan aku sering lupa kalau aku memiliki orang-orang yang aku sayang sampai-sampai mereka sering melontarkan protes dengan bahasa-bahasa halus dan sindiran. Maka pelan-pelan, mulai dari sekarang meski waktu yang kumiliki tak banyak kusempatkan mengirimkan kabar, meski itu hanya lewat SMS.

Kedua: Karena kesibukan ibadah hanya kujadikan sebagai sekedar menunaikan kewajiban sehingga terkesan saat aku butuh aku bersujud menangis mencarinya, saat semua berjalan baik-baik saja aku hanya sekedar setor muka. Dan sekarang, berusaha merubah pemikiran bahwa ibadah bukanlah sebuah kewajiban namun kebutuhan, karena kedekatan hati kita pada-Nya membuat kita selalu indah memandang segala masalah.

Ketiga: Aku sering marah-marah karena lingkungan kotor, sering bicara tentang global warming tapi aku dengan bangga menjadi pelaku perusak lingkungan itu. Meski aku tak mampu berbuat banyak, namun sebisa mungkin mencoba satu usaha kecil dengan tidak boros memakai kertas, tissue dan kosmetik yang dapat merusak ozone.

Keempat: Aku sering berbicara tentang kasih sayang tapi aku masih sering tidak sabar menghadapi macam sifat orang-orang. Untuk masalah ini rasanya tak ada hal yang indah selain kehidupan yang damai, pertama memang harus berdamai dengan diri sendiri, selalu positive thinking dan bisa menempatkan diri di posisi orang lain agar tidak terbelenggu oleh rasa benci. Lapangkan dada untuk bisa memaafkan.

Kelima:Aku sering bicara tentang perubahan tapi aku tetap berada di sini dan takut untuk memulai dan bergerak. Nah, mulai sekarang akupun sudah menyusun langkah-langkah strategy dan harus berani cepat mengambil keputusan, kalau tidak maka kita akan tetap jalan di tempat.
Tapi semua perubahan itu tidak akan pernah berarti jika kita tidak memiliki kecantikan hati, mari awali tahun 2011 ini dengan saling mengasihi dan memberi tanpa berpamrih 🙂

Semua perbaikan ini kulakukan untuk diriku sendiri, tapi kupersembahkan untuk Bundaku yang telah menginspirasi aku untuk selalu menjadi kuat. Beliau yang selalu menuntun dan meluruskan langkahku saat mulai berbelok.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp

29 thoughts on “Penghujung jelajah 2010

  1. Sebuah perenungan yang jujur dan indah,, 🙂
    moga dapat tercapai keinginannya di tahun2 berikutnya bin.. 🙂

    Sukses di Kumat..!!

    salam sayang

    Iya Mbak Iyha,…..makasih supportnya, sukses buat Mbak Iyha juga yah…salam sayang selalu…

  2. Dik, kau anak yang baik. Ah A bangga padamu. Terlebih ibumu.
    Oh ya, moga menang ya. A juga pengen ikutan ah.

    A baru ganti tema semalam dan baru publish artikel baru, barusan 🙂

    Aa…bukan anak yang baik, tapi sedang berusaha menjadi anak yang baik….aa juga ikutan yah, buruan!!!! Biar makin ramai…

    Adik udah mampir ke sana aa..

  3. Introspeksi diri yang harus saya lakukan juga.
    Tidak terasa Han, akhir tahun sudah hampir terlewati. Semua yang sudah kita lakukan tentu harus dievaluasi, minimal oleh diri sendiri…
    Posting yang menginspirasi.
    Thanks banget!
    😀

    Iya…nggak terasa, tahun 2010 sudah hampir terlewati, apa saja yang sudah kita lakukan dan perbaikan apa yang harus kita lakukan?

    ALhamdulillah jika bisa menginspirasi… 🙂

  4. Oooo … ikut kontes nih … iya deh, semoga menang!

    btw bicara penghujung tahun … 😉
    saya jadi ‘kangen akan iawal tahun …
    waktu itu ‘thema blog hanii belum kayak gini,
    nuansa itu ‘ngangeni … (ah lebay yaa? …)

    Oh, iya??Awal tahun kapan yah??heeee
    HAni ngeblog kan mulai July toh…heeee

  5. ehmm iya mbak sama….

    saya juga ingin menjadi lebih baik lagi skalipun itu adlh hal sderhana bagi org lain, krn kadang kita sering tak menyadari bahwa hal yg dianggap sederhana itu malah sangat berarti bila kita kehilangannya, contohnya ya sperti yg udh mbak tulis, yaitu kasih sayang 😀

    smoga menang ya mbk 😀

    Pastinya Mbak Mio….he he he
    Semoga kita berhasil melakukan perubahan di tahun mendatang yah…

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s