Kebohonganku


Saya punya kebohongan besar yang ingin saya bongkar karena kalau ingat ini saya merasa berdosa sekali. Kenapa merasa berdosa? iya, merasa berdosa karena mereka mempercayai kebohongan saya ini sampai bertahun-tahun lamanya.

Awalnya kebohongan saya ini terbongkar pas kami dalam perjalanan darat jalan-jalan menuju Jogja, di dalam mobil untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan kami saling tukar cerita. Lupa memberi tahu, di dalam mobil Innova ini isinya saya sendiri, adik saya, sepupu dan suaminya yang merupakan satu-satunya lelaki di dalam mobil. Yang kami ceritakan bermacam-macam dan sampai pada akhirnya pada cerita masa kecil kami.

Tiba-tiba saja di tengah gelak tawa kami menceritakan masa kecil, si Mbak (sepupu) melontarkan kalimat:

” Iya, jadi ingat ya…dulu kamu melihat hantu nenk buyut di atas pohon Belimbing di belakang rumah Mbah setelah itu kita selama satu minggu tidak berani main di pohon itu ”

Aku yang masih tertawa dengan kelucuan cerita sebelum-sebelumnya langsung diam dan melotot, langsung maju dan menepuk-nepuk bahu si Mbak yang duduk di samping suaminya yang sedang mengemudikan mobil.

” Mbak, kamu masih ingat ya? jadi kamu percaya dengan cerita hantu itu?” Tanyaku sedikit kikuk. Isi mobil sedikit tenang kecuali musik dangdut yang sengaja kami pilih biar bisa jadi bahan celetukan.

” Lha emang kan saat itu kamu melihat hantu nenek buyut? “ tanya si Mbak mengulangi. Aku menggaruk-garuk kepala yang tak gatal dan balik bersandar sambil mesem-mesem aku membuat pengakuan.

” Sebenarnya, aku boong lho…biar kalian gak ambil tempatku aja. Habisnya kalian selalu nakal, tempatku selalu kalian ambil “ akuku akhirnya, muka si Mbak langsung gak enak, tapi dengan cerdas aku kemukakan alasanku kenapa bohong dan akhirnya kami tertawa lagi.

Ingin tahu kenapa aku bohong? begini ceritanya….

Saat itu kalautidak salah usiaku 5 tahun, memiliki beberapa sepupu yang seumuran (sepupuku yang di mobil ini) dan juga sisanya ini sedikit jauh di atas kami. Namun, orang tua kami membiasakan kami untuk akrab dan bermain bersama dan kami saat kumpul main bersama hal yang paling kami sukai adalah memanjat pohon belimbing di belakang rumah nenek yang buahnya selalu lebat. Nah, di pohon ini kami memilik spot-spot favorit sendiri, seperti aku yang kebetulan beruntung sekali mendapatkan spot yang strategis, batang cabang yang besar dan bisa dibuat tiduran dan asyiknya di cabang itu adalah bagian yang lebat.

Penemuan spot ini kita tentukan sebelum naik! Nah, karena sepupuku ini ada yang sirik dan selalu mengambil tempatku karena kami kan manjatnya balapan jadi siapa yang menang jadi dia merasa bisa mengambil tempat seenaknya, khususnya tempatku. Ya…karena saat itu aku memang anaknya jarang gerak tak memiliki fisik yang gesit seperti mereka aku kalah dan harus relah terkadang nangkring di bagian batang paling bawah yang tak ada buahnya. Mungkin aku kegendutan saat itu, he he he

Tak ingin diakalin, fisik boleh kalah akhirnya aku pakai akal dan muncullah ide hantu nenek buyut yang manjat pohon Belimbing, ha ha ha ha

Cerita itu benar-benar manjur, karena setelah itu selama seminggu tdk ada yg berani main di sana dan tentu saja orang tua kami senang. Namun, karena aku nggak tahan ingin main panjat-panjatan aku bujuk mereka untuk main, tapi dengan tetap aku takut-takuti agar mereka tak mengambil tempatku. I got my favorite spot! Karena aku bilang ke mereka hantu nenek buyut berdiri di tempatku itu, ha ha ha

Benar-benar tidak menyangka kalau ternyata semua orang percaya cerita bohongku itu, padahal kalau dipikir masa iya sih nenek-nenek naik pohon belimbing?Ha ha ha

24 thoughts on “Kebohonganku

  1. Huuaa, saya nggak pernah bisa naik pohon, Han…pohon apapun itu, pasti bikin saya gemeteran 😦

    Ternyata posting hani udah banyak, lagi-lagi saya baru kesini, maaf ya…maaf…

So what's your opinion?

