Prasangkah dan Rasa

Wew, judulnya agak berat dan nulisnya pun pake acara deg-degan he he he.

Di saat seseorang berprasangkah buruk terhadap kita karena apa yang kita lakukan, pasti yang kita rasakan saat itu sangat sedih kan? Mungkin ada yang ngotot menjelaskan, ada yang diam dan membiarkannya begitu saja. Tapi, percayalah lebih baik mendapatkan tamparan di pipi ketimbang harus tahu ada orang yang berprasangkah buruk sama kita apalagi setelah kita menjelaskan pun dia tetap keukuh dengan prasangkahnya.

Semacam ada ganjalan dan rasanya gak enak. Sekali lagi, ini hanya prasangkah dia karena sebenarnya tidak demikian. Baiknya bagaimana, diam saja? toh kita sudah menjelaskan kebenarannya atau berusaha menjelaskannya lagi?

Prsangkah dan rasa emang erat hubungannya, yang sering banget jadi korban prasangkah buruk pasti tahu bagaimana rasanya….

Kira-kira apa sih alasan orang-orang yang mudah berprasangkah buruk?

Advertisements

9 thoughts on “Prasangkah dan Rasa

  1. mungkin ini akibat istilah yg sering di pakai sehari-hari : maling ga ada yg ngaku. saat km di tnya paling apa enggak, tetep saja orang-orang menyangka km adalah maling, prasangka yg sangat berperan… pura-pura kebetur tembok ajah and amnesia.hehe

  2. Aku malah gak pernah rasanya berprasangka dengan orang han, baik itu prasangka baik ataupun prasangak buruk. Ya apapun yg orang perlihatkan ya itu yang aku fikirkan. Males juga mau mikirin lebih mendalamnya, hehehe

  3. hmm… prasangka buruk memang sangat erat kaitannya dengan emosi, mbak. hal itu bisa menimpa siapa saja kok. bahkan, amat manusiawi. menjadi tidak manusiawi kalau terlalu lebai berprasangka kepada orang yang berniat baik.

  4. berprasangka adalah sudah menjadi sifat alami manusia, maka sampai saat ini manusia ada dan mampu menciptakan berbagai peradaban yang maju. tapi berhubung prasangka berkaitan erat dengan rasa-perasaan-emosi, maka tidak jarang menimbulkan hal yang kurang baik jga.

    jadi ya, mungkin belajar mengendalikan emosi akan menjadi sebuah jalan yang baik guna menghindari dari berprasangka buruk….

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s