Kambing Hitam

Pernah lihat kamibing hitam? Saya juga pernah lihat kok, apa sih salah mereka?? Kenapa mereka jadi perumpamaan?? Emang apa bedanya dia dengan wedus gimbal (kata si mbah di kampung) gak penting sih, tapi saya penasaran lho….hehehehe

Tapi, yang ini saya serius! Saya hanya merasa gemas dengan adanya beberapa orang yang suka mengkambing hitamkan orang lain atas ketidak mampuan dia. Dia bilang si A begini dan si B begitu makanya dia tidak mampu, gagal dan tidak berhasil.

Menurut perpestif saya sih, kalau saya gagal dan gak mampu pastilah semua sebabnya ya dari saya sendiri karena usaha saya yang kurang maksimal atau bahkan gak ada usaha untuk bisa, setuju?

Dan saya kira gak ada lho kata gagal atau gak bisa kecuali kita nggak pernah nyoba dan nggak pernah berusaha.

Jangan nyari kambing hitam-lah lebaran haji masih lama kalau mau nyari korban :mrgreen:

38 thoughts on “Kambing Hitam

  1. he alhamdulillah belum pernah dijadikan kambing hitam. tapi jangan juga jadi kambing putih ah. lebaran haji bentar lagi, tar bisa jadi sate, hehe.

    ya berarti kita harus introspeksi juga ya kalau salah/gagal karena diri kita sendiri ya jangan nuduh-nuduh orang lain ya, 🙂

So what's your opinion?

