Sorry, saya bukan cewek gampangan…

Setiap saat, setiap waktu pasti kita akan bertemu dengan namanya orang yang hobbynya ngrecokin dan membuat kita galau, mau tahu salah satu contohnya?

Banyak, sih…saya agak susah juga sih memberi contoh, tapi yang paling simple saja ni saat kita memutuskan untuk membeli sesuatu dengan pertimbangan matang, bahkan sampai dibela-belain puasa Senin – Kamis (yang ini lebay :D) eh, datang sahabat yang bilang “Jangan ini, ini nanti begini lho..ini nanti begitu lho…” Pendapat orang lain, dalam hal ini sahabat emang penting lho…tapi tunggu dulu jangan asal pakai, pikir dulu dunk..emang sahabat kita ini sudah memiliki barang yang mau kita beli, dia ada pengalaman? atau minimal beneran gak sih dia tahu apa kegunaan dari barang yang kita beli ini? Ini yang saya maksud jangan jadi orang gampangan…kenapa begitu? karena kita kan juga sebelum membuat keputusan sudah mikirnya mateng-mateng bukan yang spontan.

Begitu pula dalam membuat keputusan dalam hidup, malah ini hidup, taruhannya? Ya, hidup kita! Mau kita menyesal seumur hidup hanya karena kita terlampau mengikuti nasehat, masukan orang yang salah? Sebelum memakai nasehat dan masukan orang lain, lihat dulu siapa yang kasih masukan, minimal orang yang tepat-lah! Jangan asal mau menerima nasehat gratis yang berharga sangat mahal karena taruhannya adalah hidup kita.

Dalam membuat keputusan kita juga gak bisa menuruti emosi begitu saja, karena biasanya kalau membuat keputusan saat emosi pastinya nyesel, karena saat emosi kita memuncak (mau kita sedang sedih atau senang) saat itu kita tidak dalam keadaan yang labil sehingga kita dengan mudah mengerluarkan kata-kata yang terkadang out of control.

Sekedar sharing, saya orangnya kalau sudah memutuskan sesuatu dan memegang banget komitmen dan karena sebelummembuat keputusan itu saya sudah tahu resiko juga kosekuensinya jadi di saat ada orang yang mencoba mempengaruhi ya gak akan begitu mudah saya ikutin, kesannya keras kepala dan ngotot ya? tapi maaf saya emang nggak segampang itu, kok! Ini kan hidup kita, kita yang tahu mau dibawah kemana. Mensetting tujuan itu emang penting, kalau nggak kita akan mudah di bawah angin kesana kemari apalagi typical manusia nih biasanya dia kalau mau susah sukanya ajak-ajak giliran seneng aja diembat sendiri, he he he
Iya, kan? Logikanya dia nyari temen susah, senasib…ya kalau kita nyari teman yang begini akhirnya akan berisi ratapan aja dunk, kapan diskusiin solusi?

Bersikap seperti ini juga bukan berarti nggak mau denger saran atau masukan dari orang lain kok, cuma intinya “nggak mau gampangan aja nerima masukan, teliti dulu aja siapa yang kasih masukan”.

15 thoughts on “Sorry, saya bukan cewek gampangan…

  1. Yups, sepakat banget Mbak
    terkadang kita memang butuh mendengarkan pendapat dan solusi dari orang lain
    Namun, apapun keputusan akhirnya, itu semua ada di tangan kita
    orang lain tidak bisa segampang itu memaksa kita untuk memilih apa yang dia inginkan
    karena hidup ini adalah kita yang menjalani
    karena sudut pandang kita dan mereka tidak akan pernah sama
    karena ini menyangkut 1 hal : memandang kehidupan kita sendiri
    semangat dan sukses selalu yah Mbak…

    Benar sekali, nasehat atau masukan itu memang penting tapi kita harus tetap tahu apa yang terbaik buat kita ya… 🙂

  2. Mendengarkan apa kata orang lain itu perlu, tapi mengikuti apa kata orang lain tidaklah selalu. Kita masing-masing punya prinsip. betul?

    Sepakat Abi…yang saya tekankan pada diri saya di sini adalah memperkuat prinsip kita sehingga tidak mudah terpenngaruh ataupun dipengaruhi 🙂

  3. klo saya sih, tidak penting siapa si pemberi masukan, tapi apa isi masukannya, kira2 klo bisa diterima ya saya pakai, jika tidak ya terima kasih. karena satu nasihat / advis yang bisa jadi sangat kita butuhkan, bisa datang dari siapa saja, bahkan seorang pengemis entah pencoleng sekalipun. we never know, right? 🙂

    Ibu Nique, yang saya maksud di sini bukan itu lho…maksud saya adalah kita harus lebih teliti agar tidak mendapatkan nasehat atau memilih teman cerita yang salah, bukan lebih ke siapanya mengarah ke seperti yang ibu bilang itu, pengemis, pencoleng dan lain-lain…saya rasa ibu mengerti 🙂

  4. kalau aku paling tidak suka kalau orang lain mengungkapkan pendapat bukan pendapat pribadi tapi pakai katanya . misalnya aku suka nonton breaking dawn eh temanku bilang katanya gak bagus loh ngapain sih nonton.loh suka2 aku dong hehehe wong dia aja belum nonton kok bisa bilang gak bagus.selera orang berbeda bukan. walah komenku panjang kali ini 🙂

    Nah, begitu maksud Hani Mbak Lid, he he he
    Iya, tumben nie Mbak komennya panjang, heheheheh

  5. wow .. tulisannya bagus Han, suka prinsipmu … tapi memang benar terkadang banyak orang merasa tahu apa yg terbaik buat kita dan yg sering membuat heran itu kenapa mereka memberi saran kalau kita tidak minta, jadi rasanya seperti sok tahu saja

  6. Kalau saya sih …
    Semua masukan kita terima …
    kita analisa lagi …
    yang menurut kita relevan dan bagus …
    ya itu pasti saya lakukan …

    (dari siapapun masukan itu datang …)

    salam saya

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s