Profesi tidak keren tapi beken

Sales, saya yakin profesi ini sangat familiar di kalangan kita. Semua perusahaan atau bisnis apapun membutuhkan yang namanya sales, tanpa sales bagaimana produk dijual? Hanya di display tanpa ada yang menjual dan menjelaskan produk itu saya yakin tak akan banyak orang tahu kalau barang atau produk itu dijual.

Akan tetapi, saya melihat sales menjadi profesi atau posisi yang sangat dihindari para applicant atau job seeker. Kebanyakan para job seeker mencari posisi aman seperti staff admin. Ya, tentu saja job seeker yang saya maksud bukan mereka yang memang berpengalaman di bidang masing-masing.

Mitos: Sales harus berjualan keliling

Ngerti sih, berjualan secara konvensional itu kalau nggak punya toko yang berkeliling. Namun, coba pikirkan saja tak semua pekerjaan sales harus berjualan keliling hingga membuat Anda kumal dan kelelahan. Berjualan sekarang bisa dengan banyak cara, tele marketing, internet marketing dan lain sebagainya. Sekarang dunia sales and marketing juga semakin kreatif.

Sales pekerjaan rendahan

Banyak orang mencibiri profesi ini, mereka berpikir sales adalah pekerjaan rendahan. Bukannya saya mau belain atau baik-baikin profesi yang saya jalani sekarang tapi sales itu menjadi ujung tombak sebuah perusahaan lho dan tentu saja tanpa meremehkan bagian lain karena juatru yang sering diremehkan adalah profesi sales.

Oleh karena pekerjaannya menawar-nawarkan barang, yang bisa jadi juga dilakukan berkeliling maka profesi ini dipandang rendahan dan lagi mereka malas mengambil profesi penting ini karena gajinya yang tidak terlampau besar (tapi mereka mendapatkan bonus dari target penjualan). Saya sendiri tidak mengerti apa hanya karena menerima bonus mereka jadi seperti tidak dipikirkan kesejahteraannya. Kadang memang seperti tidak adil, demi mendapatkan pendapatan lebih mereka harus bekerja lebih keras dan waktu kerja lebih panjang, sebagian sales masih diganggu waktu istirahatnya oleh para pelanggan.

Sales adalah posisi penting jadi bukanlah pekerjaan rendahan. Apalagi sekarang berjualan juga dikemas dengan apik dengan berbagai strategi berjualan yang semakin kreatif.

Sales itu suka berbohong

Masak sih, boooo? Nggak semua kali, may be emang ada yang suka mengada-adakan yang tidak ada tapi gak semua dong! Mereka hanya pandai mengolah kata untuk lebih manis, persuasif dan tentu saja menarik.
Membujuk adalah pekerjaan sales, namun memang ada techniknya agar tidak terkesan annoying atau tidak nyaman bagi pelanggan. Intinya tidak sembarangan membujuk atau ngeyel.

Saya menulis ini agar para applicant di luar sana (sambil saya promosi, he he he. Karena susah sekali mencari sales di Bali)  tidak takut menjadi sales.

Menguasai keahlian sales artinya kita sudah memiliki sebagian keahlian bisnis. Karena bisnis pada dasarnya adalah menjual product. Semua memang ada ilmunya, namun semua bisa learning by doing.

Ada satu rahasia umum sales ya, kalau kita pintar dan tentu saja beruntung insyaallah duitnya banyak lho! He he
Tapi, tentu saja harus bekerja lebih keras, rajin do’a dan sedekah 😉

Good Luck!

Advertisements

12 thoughts on “Profesi tidak keren tapi beken

  1. Adanya penilaian negatif terhadap profesi sales tentunya bukan tanpa sebab. Kenyataan di lapangan, konsumen sering dibuat jengah dengan cara-cara yang dipakai sales. Bahkan tak jarang jadi merasa tertipu.

    Semoga bisa saling memakai asas manfaat sehingga bisa berkah.

  2. Didalam buku “Mimpi Sejuta Dolar Merry Riana” karya Alberhiene Endah, dituliskan secara nyata bahwa sales bukanlah suatu pekerjaan yang elit dan sepele. Seperti yang diceritakan dalam buku itu bahwa si tokoh (nyata) ” Merry Riana”
    Merry Riana merupakan salah satu kisah yang menunjukkan dan mebuktikan bahwa pekerjaan sales itu mulia dan bisa menjadi kaya raya. Pekerjaan itu jauh lebih menggiurkan daripada kerja kantoran yang hanya mengandalkan gaji bulanan.

    • 🙂
      Terlepas dari semua tujuan materi, sales sebenarnya akan puas bisa memberikan apa yang konsumen inginkan juga merasa terbantu dg semua edukasi yang diberikan karena tdk semua konsumen mengerti produk yang mereka beli 🙂

  3. yang buat aku gak mau menjadi sales (kalau aku mencari kerja) adalah kekurangan aku dalam hal komunikasi dengan orang lain han, kayaknya aneh aja gitu kalau bujuk orang. dan kebanyakan kan sales itu ditolak (mengukur dari diri sendiri kalau ketemu sales) Makanya gak mau karma >.<

    • Ha ha ha
      Dalam dunia sales dan marketing memang kemampuan komunikasi itu hal pertama Nie.
      Beruntungnya, di dunia bisnis mereka mengerti sekali bahwasannya peranan seorang sales atau tenaga marketing itu sangat penting jadi, sales yang mereka hire akan benar-benar di training (tetap dibayar) menjadi sales profesional untuk perusahaan mereka.

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s