Sales Adalah sebuah Pengalaman

Saya sempat absent beberapa hari tidak menengok blog saya juga blogwalking, gara-gara pekerjaan yang sangat banyak. Berawal dari hari Jum’at kemarin, di mana saya haarus memenuhi undangan meeting dengan Team Project Pembangunan Proyek Shangri La di Nusa Dua – Bali dan berlanjut menyiapkan, penawaran, mendiskusikan pengerjaan dan belum lagi project-project lain yang sedang saya incar, belum lagi kondisi hamil mudah ini memang tidak memungkinkan saya terlampau capek.

Jadi, hari ini saya ingin sharing tentang pengalaman-pengalaman yang saya dapat selama saya menjadi PA for Director of Sales dan Head of Sales Marketing & Media saat ini, tidak seluruhnya menyenangkan akan tetapi saya sharing yang menyenangkan saja, he he. Semoga bisa memberikan sedikit wacana bahwasannya sales itu tak selalu berkeliling dari rumah ke rumah.

Dan berikut beberapa hal menarik yang membuat saya exciting dan masih menekuni profesi ini dan kalau pun ada yang menawarkan pekerjaan saya pasti meminta posisi serupa.

Bertemu Dengan Banyak Orang

Bagi orangs eperti saya yang gampang bosan, pekerjaan yang mengharuskan saya bertemu dengan orang yang berbeda setiap hari adalah hal yang menyenangkan. Dan yang saya suka orang yang saya temui adalah dari berbagai daerah, negara dan juga kalangan sehingga di sela-sela kami berdiskusi tentang project yang akan kami kerjakan kami bertukar pikiran atau sekedar informasi tentang budaya atau informasi tentang negara dari mana mereka datang.

Dari sana juga saya jadi mengerti bagaimana cara kerja mereka, karakter mereka sehingga saya pun terpacu untuk lebih kreatif untuk menciptakan ide-ide agar mereka lebih tertarik dengan yang produk yang saya jual. Yang terpenting buat saya adalah bagaimana menciptakan kontak batin dengan pelanggan saya. Klien salah sangkah, itu sudah biasa apalgi dirayu klien itu malah biasa banget, tinggal bagaimana mengelaknya, he he he

Selalu Bahagia

Kenapa selalu bahagia? Tapi, bukannya bahagia itu memang kita sendiri yang tentukan? Well, justru itu. Saat bertemu dengan client atau orang baru akan ada rasa ingin tahu, ketertarikan dan saat kita membuka obrolan dengan “Hi, how are you” dengan muka ceria dan senyum tulus bukan gak mungkin mood yang jelek langsung menyingkir apalagi kalau si client tiba-tiba mengeluarkan beberapa lembar US dollar untuk tanda jadi, it’s WOW! ha ha ha

Saya punya pengalaman di mana saat itu saya sedang BT sekali dan juga sedang tidak enak badan, mungkin kecapekan sebenarnya saya ingin ijin tidak masuk kerja akan tetapi sudah terlanjur membuat janji dengan client ya mau tidak mau saya masuk, apalagi client ini sudah punya hubungan baik dengan saya melalui email namun kami belum pernah bertemu. Tahu apa yang terjadi, saat si client dengan wajah ramah dan tawa renyah menyapa saya, rasanya BT itu hilang dan rasa tidak enak badan itu pun enyah! Apalagi di sela perbincangan kami dia bercerita tentang perjalanan dia berkeliling Indonesia dan pendapatnya tentang Indonesia, it’s very exciting! He he he

Lagi pula seorang sales memang harus bisa cepat menghilangkan BT atau pengelolaan emosi yang baik kalau tidak mana bisa bertemu orang?

Jalan-Jalan

Berkesempatan jalan-jalan di dalam dan luar negeri! Untuk di tempat kerja sekarang ini memang saya masih belum sempat jalan-jalan ke luar negeri karena passport saya hilang saat kesempatan itu ada, makanya sekarang saya pusing mengurusi surat pindah dan sebagainya agar bisa membuat passport di Bali, he he he

Meskipun jalan-jalannya untuk pekerjaan namun rasanya akan lain, saya sangat menikmati saat-saat diperjalanan meski pun tidak ada teman atau sat-saat membuat laporan di Bandara, itu sunggu membuat saya lebih bersemangat apalagi saat melihat angka potential dalam project yang sedang saya kejar. Jadi, harus mengejar first flight dan ikut last flight itu sih bukan masalah.

Uang Banyak

Saya taruh ini di point terakhir dari pengalaman-pengalaman yang saya dapat karena dari semua yang saya dapat di atas ini adalah sebuah bonus yang membayar semua kerja keras saya. Saya pernah mendapatkan beberapa deret angkah yang kalau saya hitung dengan gaji saya saat itu hampir sama dengan satu tahun gaji saya, alhamdulillah ….

Sebenarnya sih, seperti komentar beberapa sahabat memang pekerjaan apapun sama saja asalkan ditekuni pasti hasilnya bagus dan ditambah lagi sih, kita senang melakukannya. Saya pribadi sih percaya dengan kekuatan, kerja keras, do’a dan sedekah, insyaallah semua berjalan mulus dan lancar.

Good Luck 🙂

5 thoughts on “Sales Adalah sebuah Pengalaman

  1. Apapun bentuk pekerjaan dan usahanya, asal dinikmati maka akan mendapatkan suatu keberkahan dalam hidup ya Mba. Semoga sukses ya.

    Salam,

So what's your opinion?

