Tips Mengatasi Rasa Bosan Dalam Pekerjaan

Dalam menjalani keseharian pastinya kita akan mengalami satu masa, di mana kita merasa bosan dengan rutinitas yang kita jalani sehari-hari. Dan di dunia kerja, sudah pastinya kita akan mengalami masa ini karena rutinitas yang itu-itu saja memang kadang membuat kita jenuh.

Rasa bosan sebenarnya disebabkan oleh satu keadaan di mana kita merasakan tak ada dinamika dalam rutinitas atau keseharian kita. Dan jika dibiarkan rasa bosan ini akan membuat kita letih, jenuh dan pada akhirnya menurunkan performa kerja kita.

Sebab lain dari rasa bosan adalah keadaan di mana ada rasa apa yang kita lakukan tidak ada penghargaannya, sehingga di sana timbul rasa bosan dan capek karena tidak adanya penghargaan menyebabkan seseorang berpikir bahwasannya apa yang dilakukan tidak ada progress atau mengalami peningkatan sama sekali. Evaluasi dibarengi dengan reward itu penting.

Untuk seorang pekerja yang menggunakan otak, biasanya rasa jenuh dan letih disebabkan oleh pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan dikarenakan ada pekerjaan lain yang tiba-tiba harus segera kita selesaikan. Coba rasakan saja bedanya, saat kita pulang dengan pekerjaan yang sudah beres sebanyak apapun itu dan juga saat kita pulang dengan deretan panjang list outstanding? Pasti rasanya beda! Rasa lelah akan sangat terasa saat kita pulang dengan tanggungan beberapa pekerjaan yang belum terselesaikan.

Beberapa tips mengatasi rasa bosan di tempat kerja:

Menyukai Pekerjaan Kita

Mengerjakan sesuatu yang kita sukai akan beda rasanya dengan mengerjakan sesuatu yang tidak kita suka, hasil dan prosesnya akan berbeda. Percayalah, dengan mencintai yang kita kerjakan hasilnya akan lebih memuaskan dan kita akan lebih bahagia.

Berpura-pura

Untuk mengatasi rasa bosan kita bisa mencoba mengubah cara berpikir kita tentang pekerjaan yang kita kerjakan. Ya, seberapa membosankannya pekerjaan kita saat ini, cobalah menyukainya jika tidak untuk beberapa saat cobalah berpura-pura seolah yang kita kerjakan ini adalah pekerjaan yang sangat kita impikan sehingga timbul rasa bagahia saat mengerjakannya, niscaya rasa ini membuat kita lebih bersemangat. Tentu saja tips ini diperuntukkan untuk yang sedang memiliki pekerjaan yang tidak disukainya namun tak berani untuk berpindah kerja dikarenakan susahnya mencari pekerjaan saat ini.

Ciptakan Kompetisi

Ada kalanya kita memang berada di posisi harus menetap di suatu pekerjaan sehingga kita tak mampu kemana-mana, jika sedang ada dalam posisi ini coba saja untuk membuat sesuatu yang baru dalam pekerjaan Anda. Misalnya; mencoba menciptakan kompetisi dengan rekan kerja, dalam artian baik. Coba ciptakan target dan berlomba dengan cara menghadiahi diri sendiri saat memenangkannya. Atau Anda bisa mencoba, memberikan diri sendiri target tentang hasil kerja yang akan Anda selesaikan, Misalkan, selama ini Anda hanya bisa menyelesaikan dua artkel dalam sehari dengan topic random sekarang coba targetkan untuk bisa menulis lima atau lebih dan jika berhasil berjanjilah Anda akan menghadiahi diri sendiri. Mungkin menghadiahi diri dengan makan ice cream coklat atau sekedar menonton Film di bioskop?

Hidup kita sesuai dengan apa yang kita pikirkan

Sudah tahu, kan sebenarnya kita bahwasannya “Hidup kita sesuai dengan apa yang kita pikirkan” ? Jika demikian cobalah untuk menembah gairah pada diri sendiri setiap harinya agar lebih bersemangat dalam menghadapi hari. And make your life more challenging!

Hangout and Get Some Funs!

Cobalah untuk sekali-kali memberikan diri sendiri kesempatan untuk relaksasi dengan hangout bersama teman-teman, karaoke, nonton film bareng atau sekedar nongkrong di sebuah kafe sambil berbincang tentang hal-hal yang membuat Anda lebih rilex?

Look Around, Grateful and Be Happy!

Terakhir, cobalah lihat sekeliling Anda. Tidakkah Anda melihat di sekitar sana banyak sekali orang yang kesulitan mendapatkan kerja? Sudah seharusnya kita lebih banyak bersyukur ketimbang mengeluh yang hanya menambah kegelisahan.

Advertisements

13 thoughts on “Tips Mengatasi Rasa Bosan Dalam Pekerjaan

  1. menyukai pekerjaan itu penting sekali. banyak yg memilih mengambil profesi tertenyu hanya karena materi. akibatnya ya ditengah jalan bosan, lelah ujung2 nya nambah beban hidup dan resign….

    • setuju banget,intinya enjoy with your job, dan ikhlas menjalankan nya dan niatkan untuk beribadah insya Allah berkah 🙂

  2. Saya Bosan terkadang pekerjaan saya karena monoton mbak Pendar, karena itu-itu aja dan saya sudah hafal ama kerjaannya, sehingga bisa selesai sangat lebih awal,

    Cara mengatasi jenuh selain diatas ada lagi enggak? sudah dicoba masih jenuh, Pacar bisa mempengaruhi gak?? advise yah mbak Pendar

  3. step trakhir Look Around, Grateful and Be Happy!

    biasanya yang aku ambil lebih mengena jadi bersyukur masih bekerja dan sudah pulang saat waktunya..

    karna ada yang pas saya pulang mreka masih bekerja hingga larut *para pedagang makanan keliling dll..

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s