4 Alasan Kenapa Mencuci Pakai Tangan

Saya dulu jaman ngekos malas sekali dengan pekerjaan mencuci apalagi menyetrika, jadi pekerjaan laundry ini saya serahkan saja pada ahlinya yaitu “Jasa Laundry” yang ada di sekitaran kost-kostan.

Namun demikian, dengan perkembangan jaman (weleh-weleh) saya mulai sadar bahwasannya ada bebarapa hal yang sebenarnya bisa saya kerjakan sendiri dan ini akan sangat ekonomis dan baik untuk kesehatan kantong saya.  Dan akhirnya, saya pun berinisiatif mencuci sendiri! Awalnya sih mencuci pakai mesin cuci karena memang ada mesin cuci, akan tetapi berawal dari baju seragam saya yang cepat bulukan akibat terlampau sering digilas saya pun beralih mencuci pakai tangan. Saya sudah melakukan aktifitas mencuci pakai tangan ini selama dua minggu, saat mencuci pun saya sempat merenung dan berpikir kalau ternyata mencuci pakai tangan itu banyak untungnya.

Mencuci Dengan Tangan

Mencuci Dengan Tangan

Berikut keuntungan mencuci pakai tangan:

Menghemat Energy

Jika Anda adalah aktifis pecinta lingkungan, ayo kampanyekan gerakan mencuci dengan tangan, he he he
Kenapa demikian? Karena dengan mencuci pakai tangan kita sudah otomatis menghemat air, detergen dan juga listrik!

Pakaian Lebih Awet

Tahu tidak sih bagaimana cara kerja mesin cuci? Baju kita itu digilas-gilas, digiling-giling sedemikian rupa sampai kotoran luntur dan itu pun belum tentu luntur beneran. Nah, bagaimana baju nggak cepat rusak tuh? Makanya mencuci pakai tangan saya percaya bisa membuat pakaian lebih awet, buktinya seragam kerja saya 😀

Lebih Bersih

Kok bisa lebih bersih? padahal kan tenaga mesin lebih kuat? Ya, tapi kan mesin cuci tidak bisa menjelajah sampai ke bagian tersempit dan nyempil di cela-cela baju seperti kerah, lipatan lengan dan sebagainya. Dan saya percaya, setelah saya bandingkan ternayata mencuci dengan tangan hasilnya lebih bersih! meskipun sprei dan handuk masih digiling, boooo! ha ha ha

Bagus Untuk Metabolisme Tubuh

Saat mencuci, tangan dan tubuh kita bergerak dan mengeluarkan keringat. Saya yakin dengan melakukan gerakan mengucek, memeras, mengibas dan menjemur itu hampir sama dengan gerakan dalam olah raga. Untuk memiliki metabolisme tubuh kita harus rajin olah raga, bukan? Makanya…..

Ada yang mau melakukan kampanye “Gerakan Mencuci Pakai Tangan” setelah membaca ini? He he he

Gambar saya ambil dari Google.com

33 thoughts on “4 Alasan Kenapa Mencuci Pakai Tangan

  1. Sepakat sama artikel diatas. Mencuci pakaian dengan tangan kita, mempunyai banyak manfaat. Selain untuk olahraga, lebih hemat, juga melatih kemandirian kita. Sudah seharusnya jika cewek itu bisa nyuci. Kalau cowok nggak bisa nyuci sich wajar aja hehe 😀

  2. Wah, ini mah kegiatan saya di kontrakan, mba.
    Walau sudah abah-abah begini, saya tinggal jauh sama rumah. Kalo hari kerja saya tinggal di kontrakan gak jauh dari pabrik tempat saya nguli. Jadi nyuci pake tangan ini sudah kegiatan menahun. Ke laundry jauh. Jadi lebih simple nyuci sendiri saja.
    Di twitter sampe bikin hestek #LaskarPencuci. Ada teman twitter yg senasib. Biasa suka saling ledek kalo hari Sabtu atau Minggu. Saat #LaskarPencuci berjuang…hehehe

    Salam,

      • Semangat? Hehehe…
        Buat saya, nyuci pekerjaan yg mengasyikan. Bisa sambil denger musik atau nyanyi2 sendiri.
        Nyetrika… Nah, yg ini bikin saya tersiksa. Huampun, bikin gerah banget kalo nyetrika di Bekasi.

        Salam mencuci dari Bekasi…

So what's your opinion?

