Sekali maling tetap maling

Menurut teman, apakah maling bisa bertaubat? tapi untuk kasus saya ini saya tidak percaya kalau maling  bisa berubah menjadi baik meski sudah kita baikin! Dan saya tiba-tiba saja menjadi malas berbuat baik padanya, saya juga menyuruh suami saya jangan baik-baik sama dia, gak usah deh kasihan-kasihan wong yang dikasihani kurang ajar begitu.

Peristiwa sore ini membuat saya “ngeh” dan sadar bahwasannya “sekali maling akan tetap maling“.

Tentu saja saya berbicara bukan tentang seseorang tapi seekor kucing, masih ingat tidak, kira-kira dua minggu lalu saya bercerita tentang seekor anak kucing di rumah kami? Nah, ini tentang emak dia. Si emak kucing ini emang dari awal tukang nyuri ikan di dapur tapi suami saya berkeyakinan kalau kita baikin, kita kasih makan dia akan berubah jinak dan gak nyuri lagi. Uh,….tapi sore ini ternyata si emak kucing ini mencuri ikan di dapur!

Mungkin dia dalam keadaan terpaksa karena anak-anaknya tidak dapat makanan. Ya, beginilah kalau aslinya maling begitu ada kesempatan dan kepepet ya maling lagi deh. Sebenarnya sih, kalau si emak kucing ini mau ngajak anaknya turun dari atap rumah tetangga sebelah dan tidur di gudang, kami akan dengan senang hati memberinya makan bahkan suami saya sempatin lho beliin dia ikan seperti saat itu.

Cerita lain….

Sekarang kita pindah cerita, bukan maling akan tetapi seorang cheater. Menurut sahabat ni…cheater atau tukang tipu ini bisa taubat nggak, sih? Sahabat ada pengalaman di tipu seseorang? mungkin kekasih, sahabat begitu? Saya pernah melakukan jajak pendapat di dalam sebuah forum kecil, yaitu mak-mak di kantor saya, he he dan mereka cerita tentang mantan pacar masing-masing.

Sebagian besar mereka berpendapat “Cheater is cheater, never change!” kalau menurut saya sih bisa berubah, tapi usaha mereka akan sangat berat karena mereka akan mudah sekali tergoda begitu ada kesempatan dan kepepet. Butuh niat dan tekad yang besar untuk benar-benar berubah.

Kalau menurut sahabat?

 

 

15 thoughts on “Sekali maling tetap maling

  1. Kucing emang akan selalu kepancing untuk mencuri ikan kayaknya ya mbak… nah kalau cheater mungkin bisa berubah jika ada kejadian yang membuat dia trauma atau kapok karena kelakuannya. Tapi yah kalau kita pernah ditipu tentu kita akan punya persepsi jelek terhadap si penipu ya?

  2. Menurut saya, karakter, watak atau apapun yang sudah melekat sebagai ‘kepribadian’ kita akan sulit berubah, Han…apalgi kucing, mereka tidak memiliki logika sempurna seperti manusia, dan memang buat p-ara kucing, mencuri itu adalah salah satu cara mereka buat mencari makan…hehe 😀

So what's your opinion?

