Personal Development

Personal Development – Sebenarnya artikel saya kali ini masih berkaitan dengan proyek saya menerbitkan buku tentang sales yang pernah saya ceritain di blog saya yang satu, itu tu….. karena ternyata personal development itu sangat erat sekali kaitannya dengan profesi sales, eh tapi,…ok dengan semua pekerjaan dan segala aspek kehidupan.

Sebenarnya apa, sih personal development itu? Menurut buku yang saya baca, personal development merupakan satu kegiatan yang membantu meningkatkan kesadaran dan identitas, mengembangkan bakat dan potensi yang membantu meningkatkan kinerja, kualitas hidup yang diharapkan memberikan kontribusi pada realisasi kita terhadap mimpi dan aspirasi.

Konsep dari pengembangan diri atau personal development tidak terbatas pada self-help akan tetapi mencakup kegiatan formal dan informal untuk mengembangkan orang lain dalam peran seperti guru, konselor, manajer atau mentor-mentor yang lain.  Ketika pengembangan pribadi berlangsung dalam konteks institusi, itu mengacu pada metode, program, alat, teknik, dan sistem penilaian yang mendukung pembangunan manusia pada tingkat individu dalam organisasi.

Pengembangan pribadi tak hanya mencakup pengembangan pribadi kita sendiri akan tetapi juga pengembangan orang lain. Seperti contoh; peran seorang guru atau mentor seperti memberikan arahan, pelatihan, pembinaan dan sebagainya.

Pengembangan pribadi mungkin termasuk goal atau tolok ukur yang menentukan titik akhir, strategi atau rencana untuk mencapai tujuan, pengukuran dan penilaian kemajuan, tingkat atau tahapan yang mendefinisikan tonggak di sepanjang jalur perubahan yang sedang dibuat dalam satu institusi itu.

Pada intinya sih, personal development memang dibutuhkan agar seseorang yang selama ini tidak mengetahui potensi, posisinya, identitasnya atau singkatnya don’t know what to do gitu sih bisa lebih baik dan faham dengan apa yang diinginkan dalam hidup.

Di dalam lingkungan pekerjaan hal ini harusnya dilakukan oleh tim Human Resource akan tetapi seorang leader harus memiliki kemampuan ini agar team atau anak buahnya memiliki passions dan juga kinerja yang sama seperti dirinya sehingga tujuan dari team pun bisa lebih mudah dicapai.

Langkah awal untuk seorang leader sebelum melakukan pengembangan diri adalah harus memiliki kemampuan komunikasi dan hubungan yang baik dengan teamnya, jika tidak bagaimana bisa membantu pengembangan diri teamnya?

Advertisements

2 thoughts on “Personal Development

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s