Trik agar anak doyan sayur

Cara merayu anak agar doyan sayur, saya menuliskan ini seolah saya sudah memiliki anak dan berhasil membuat anak saya makan sayur, ya? Akan tetapi menulis kan tidak harus dari pengalaman sendiri, just for fun saja sih, boleh dianggap serius boleh juga tidak karena saya tidak tahu juga ini memberikan dampak buruk atau baik, he he 

Seperti yang kita ketahui anak-anak memang sangan susah disuruh makan sayur, macam-macam alasannya. Ada yang bilang rasanya gak enak, bahkan saat dipaksa mereka akan bilang rasanya pahit atau memuntahkannya baik sengaja atau pun tidak.

Sekarang ini memang sudah banyak dijual berbagai macam vitamin dan suplement untuk anak yang kandungan gizinya meliputi zat-zat yang ada pada sayuran, akan tetapi makan sayur secara langsung akan lebih bagus.

Agar anak-anak mau makan sayur, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah:

#Mengajak anak belanja

Menurut para emak-emak yang ada di sekeliling saya cara ini cukup ampuh untuk membuat anak mereka mau makan sayur. Saat mengajak si anak belanja, tanyakan dia ingin makan sayur apa sambil tunjuk satu persatu sayur sambil menceritakan bagaimana rasanya, bisa dimasak pakai apa dan didampingi makanan apa yang gizinya bagus untuk kesehatan apa.

Konon, dengan melakukan hal ini anak-anak pun jadi tahu juga apa kebutuhannya.

Contoh: Saya mengetahui kalau tomat itu bagus untuk kesehatan mata semenjak saya anak-anak karena Ibu saya sering memberi makan tomat selayaknya makan buah (kadang diberi air gula) dan Ibu saya memberi tahu kalau tomat itu bagus untuk kesehatan mata saya.

#Membebaskan anak memilih menu makanannya sendiri

Caranya sih sama dengan mengajak belanja, di sini lebih banyak sharing dengan anak tentang menu makan yang ingin di makan. Tentu saja menu itu kita yang tentukan dan anak kita yang memilihnya, dalam menu yang kita sodorkan ini harus selalu ada menu yang berunsur sayuran.

#Pengenalan gizi sayuran kepada anak

Ada kalanya sambil bermain kita kenalkan pada anak-anak tentang pentingnya sayuran. Kenalkan macam-macam sayuran dengan cara yang menyenangkan; ceritakan rasanya, paling perfect di masak apa, kandungan gizi dan vitaminnya bagus untuk kesehatan apa?

Saya jadi lucu, saat mendengar salah satu anak teman saya yang selalu bilang “Ma, adek minta makan sayur bayam ya..biar kulit adek selalu halus…” Katanya sih dia memakai cara ini.

#Masakan yang variatif

Kata teman atau Ibu saya, menjadi ibu ya harus kreatif dan gak boleh malas, harus kreatif dengan menu makanan agar-anaknya doyan makan (nasehat ini berasa jleb banget, saya berasa disindir, he he).

Masih menurut Ibu saya, sekali-kali anak-anak juga diberi makan sayur yang dimasak dengan cara orang dewasa yang artinya jangan terbiasa membedakan makanan anak-anak dengan makanan kita karena saat makan bersama anak-anak akan lebih tertarik melihat apa yang dimakan anggota keluarga lain.

Tips tambahan yang seru, selalu ceritakan saja pada anak-anak kalau dia mau makan sayuran dia bisa memiliki kulit yang halus, mata bulat dan bening dan lain sebagainya. Teman kantor saya melakukan ini, bahkan saat anaknya gak mau makan pedas dia selalu bilang “Dek…ini kan gak pedas, cuma sedikit cabenya kalau adek makan nanti adek bisa punya kulit halus lho…” Dan si anak pun mau memakannya.

Kalau Ibu saya lain lagi, beliau bilang begini “Kalau kamu gak mau makan sayur nanti kulit kamu cepat keriput lho…awas nanti kalau pacar kamu ngapel salah ngapelin Bunda ”  Berawal dari situ sih, percaya apa tidak saya jadi demen makan sayur.

Good luck emak-emak…doain saya nanti bisa terapkan ke anak saya ya… he he he 

Semoga tips saya merayu anak agar doyan sayur ini bermanfaat 😀

Advertisements

7 thoughts on “Trik agar anak doyan sayur

  1. Setuju menulis itu tidak harus dari pengalaman pribadi…. dan saya catat dulu akh Tips-Tips keren ini, nanti saatnya tiba, siapa tahu bisa saya terapkan 🙂

  2. istri saya sering mengeluhkan anak sulung kami yg sulit sekali disuruh makan sayuran juga daging / ikan..
    tips nya boleh juga tuh utk dicoba, siapa tahu maknyusss…terima kasih sudah berbagi tips bermanfaat ini.

    salam kenal dr jauh.

  3. Haniii…apa kabaaar?
    Trima kasih tips-nya ya, biarpun sekarang Risa udah suka makan sayur, tapi nggak ada yang sia-sia buat sebuah ilmu 🙂
    Iya deh, saya doain smoga anak hani nanti juga doyan sayur kayak yang ditulis di postingan ini…hehe, asal jangan sayur daun pepaya aja kali ya…pahit!
    😀

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s