Kisah Perjuangan, Cinta, Pengorbanan “Sang Patriot”

“Sang Patriot, Sebuah Epos Kepahlawanan” kalimat pertama yang terlontar dari mulut kecil saya, saat menerima sebuah hadiah sebuah buku yang saya dapatkan dari memenangkan giveaway. Well okay! yang saya pikirkan pertama kali, mungkin buku ini menceritakan tentang kepahlawanan seperti layaknya buku-buku sejarah ataupun buku cerita tentang kepahlawanan yang selama ini pernah saya baca. Lalu apa menariknya yah? pikir saya dalam hati.

Saya mulai membuka halaman pertama dan langsung disuguhi dengan sekapur sirih yang menceritakan latar belakang dibuatnya buku ini. Okay, ini mulai menarik! karena  ternyata buku ini diciptakan berdasarkan kisah nyata dari Kakek sang penulis buku. Yang diceritakan kembali oleh Mbah Rukmini yang tidak lain adalah istri dari Letkol Mochammad Sroedji. Pahlawan kota Jember yang menjadi tokoh utama dalam buku ini.

Buku ini tidak melulu menceritakan dari sisi kepahlawanan saja. Percintaan, pengorbanan, pengabdian,penghianatan, perjuangan, dan masih banyak lagi sisi positif yang dapat kita ambil dengan membacanya. Sehingga sangat asik untuk dibaca dari awal sampai akhir. Detail yang ditampilkan dalam cerita memperlihatkan bahwa penulis telah melakukan riset yang mendalam untuk menyempurnakan alur cerita yang terjadi. Dimulai dari jaman penjajahan Belanda, sampai dengan kedatangan Jepang yang mengakui saudara dekat dari bangsa Asia (Namun kenyataannya lebih kejam dari Belanda itu sendiri).

Dengan semangat dan kegigihan yang tinggi Letkol Mochammad Sroedji berhasil membangkitkan semangat rakyat Indonesia, warga Banten khususnya untuk melawan dalam ketertindasan oleh bangsa penjajah. Walaupun akhirnya Letkol Sroedji harus gugur dengan cara yang tidak pantas, namun setidaknya hal tersebut membangkitkan semangat para rakyat Banten untuk berjuang. Lepas dari penjajahan. Dan mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih.

Penasaran sama  buku “Sang Patriot” ? Langsung saja beli bukunya di toko-toko buku terdekat! Dijamin kamu semua akan ketagihan  baca dari awal sampai akhir!

‘Artikel ini disertakan dalam lomba review novel Sang Patriot‘

Fix

Advertisements

7 thoughts on “Kisah Perjuangan, Cinta, Pengorbanan “Sang Patriot”

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s