Dana Pensiun Bisa Didapatkan oleh Siapapun

Dana Pensiun – Di masyarakat kita banyak sekali anggapan bahwasannya dengan menjadi Pegawai Negeri maka dijamin akan memiliki masa depan yang cerah, khususnya masa tua karena semua Pegawai Negeri mendapatkan dana pensiun yang dibayarkan setiap bulannya.

Akan tetapi, sebagai seorang pegawai swasta atau bahkan para pengusaha atau wiraswasta pun bisa memiliki dana pensiun untuk masa tuanya, hanya saja besar dan kecilnya dana pensiun itu bukan lagi tergantung pada golongan jabatan akan tetapi tergantung pada besar dan kecilnya persiapan kita menyisihkan dana pensiun tersebut.

Saya pertama kali mendengar tentang dana pensiun di tahun 2011 pada saat saya akan membuka tabungan di BNI, sales representative dari BNI menjelaskan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuka tabungan Pensiun atau yang biasa di kenal dengan BNI Simponi, saat itu saya belum menikah dan masih belum terpikirkan tentang penyisihan dana untuk masa pensiun saya karena gaji saya juga masih sangat sedikit.. Padahal saat itu, untuk pembukaan pertama kita hanya perlu setor Rp. 200,000 saja! Dan untuk setor perbulan akan sesuai dengan angka yang kita mampu bayar, misal kita mampu Rp. 100,000/bulan maka di formulir itu kita ambil pilihan ini dan dana perbulan ini akan diambil dari tabungan induk kita.

Saat itu yang ditawarkan ke saya bukan hanya BNI Simponi akan tetapi ada produk lain yang serupa dengan persiapan dana pensiun ini yaitu untuk dana pendidikan anak. Meskipun saya belum menikah dan memiliki anak saat itu saya mengambil produk ini karena saya pikir hal ini berkaitan juga dengan kepentingan dan masalah keuangan saya di masa mendatang apalagi di dua produk ini kita bisa top up berapa saja apabila kita memiliki dana lebih.

 BNI Simponi bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya

BNI Simponi bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya

 Cerita di atas merupakan pengalaman saya dulu, saat pertama kali saya berkenalan dengan BNI dan setelah menikah di tahun 2013 yang lalu, saya mulai belajar tentang bagaimana memanage keuangan, dikarenakan berapapun penghasilan saya rasanya kok habis padahal ada banyak hal yang mesti saya pertimbangkan jika berbicara tentang masa tua seperti halnya hal-hal berikut ini:

1. Masa Pensiun artinya bukan masa productive lagi

2. Saat memasuki masa pensiun apa yang akan kita lakukan? Adakah usaha yang bisa menopang kehidupan kita?

3. Saat saya sudah tidak productive nanti berapa usia anak saya? Sudah usia bekerja atau masih belajar

4. Di usia pensiun dana atau pendapatan akan saya dapat dari mana?

5. Berapa tabungan yang saya miliki sekarang, dengan adanya inflasi beberapa tahun kedepan masih cukupkah untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun

6. Apakah dana yang saya miliki ini sudah mencakup dana untuk kesehatan dan dana kebutuhan mendadak lainnya?

Begitu banyaknya pertimbangan lainn yang membuat kita akhirnya harus mencari jalan bagaimana mengatur keuangan, jangan lagi bertanya pada diri sendiri “Bisa tidak kita menabung” karena bisa dan tidak bisa kita memang harus melakukannya.

 BNI merupakan Bank pertama yang memperkenalkan tabungan pensiun atau BNI Simponi dan melalui sales rep mereka yang profesional dijelaskan begaimana pentingnya dana pensiun.

Apa sih BNI Simponi itu? BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  (DPLK BNI) sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.

Siapa pun Anda, bisa menjadi peserta BNI Simponi

BNI Simponi bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya yang menginginkan kesejahteraan di masa purna tugas.

Mudahnya Menjadi Peserta BNI Simponi

Datanglah ke Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa fotocopy KTP dan mengisi aplikasi sesuai dengan identitas diri serta menyetor iuran awal minimal sebesar Rp 250.000 maka Anda bisa langsung menjadi peserta BNI Simponi.

Manfaat menjadi peserta BNI Simponi

Walaupun peserta berpenghasilan terbatas, namun dengan melakukan iuran minimal Rp 50.000 maka peserta akan mendapatkan pengembangan yang optimal setiap bulannya, selain itu setelah memasuki usia pensiun, peserta berpeluang untuk mendapatkan manfaat pensiun bulanan seumur hidup, setelah itu akan diteruskan kepada ahli waris (dhi. janda/duda dan sampai dengan anak yang terkecil dengan ketentuan belum berumur 25 tahun/belum menikah/belum bekerja)

Masih ragu dan belum juga memikirkan masa depan dan pensiun? Mulai dari sekarang dengan membuka tabungan BNI Simponi dan informasi lebih lanjut Anda bisa meng klik di halaman BNI Simponi.

Artikel ini diikut sertakan dalam BNI Blogging Competition “Pentingnya mempersiapkan dana pensiun sejak muda”

BNI BLOGGING COMPETITION

Sumber halaman BNI Simponi di http://www.bni.co.id

 

14 thoughts on “Dana Pensiun Bisa Didapatkan oleh Siapapun

  1. Dana pensiun emang penting ya, bayangin aja kalo misalnya udah masa pensiun tp uang gak ada dana khusus utk pas masa pensiun, bisa sengsara dah

    Semoga sukses lombanya mbak!

  2. Apalagi nih menurut aku di usia produktif mesti bener-bener selektif ngerencanain keuangan ya Mbak, karena kita ngga akan pernah tau apa yang terjadi ke depannya..

    • Benar sekali, menurut sebuah perencanaan keuangan selain memiliki tabungan untuk dana pensiun kita juga harus memiliki asuransi untuk dana kesehatan agar dana pensiun tak tersntuh..hehehe
      Dari ceritanya kita kaya yg hrs berpenghasilan berapa ya… :mrgreen:

  3. Gara2 baca ini jd kepikiran ttg masa pensiun. Harus dr sekarang disiapkan, soalnya pas pensiun bukan cmn kehidupan kita aja yg kita tanggung, kehidupan keluarga kita jg.
    Semoga berhasil lombanya yaa! 😀

So what's your opinion?

