Kuliah atau Kerja

Kuliah atau kerja? Adik-adik yang baru lulus SMU pasti sekarang sedang sibuk menata masa depan, beberapa di antaranya sedang sibuk mempersiapkan diri untuk masuk perguruan negeri apalagi perguruan tinggi negeri favorite pasti butuh perjuangan keras untuk dapat masuk kesana karena akan menghadapi serangkaian test yang mendebarkan.

Akan tetapi, ada beberapa dari teman-teman yang selepas SMU bingung mau kuliah atau kerja? bukan karena mereka bingung dengan jurusan yang mau mereka ambil atau belum memiliki impian, namun karena mereka terbentur biaya. Mereka memiliki orang tua yang akan berjuang agar anak-anaknya memiliki pendidikan tinggi dan atau mereka adalah anak-anak yang memiliki cita-cita tinggi dan rajin juga mampu, hanya saja kesempatan untuk mengambil jenjang pendidikan tidak ada.

Kuliah atau Kerja? Itu menjadi pilihan untuk mereka yang ada dalam posisi tidak memiliki kesempatan untuk belajar ke jenjang lebih tinggi, jika mereka kuliah artinya mereka harus memaksa orang tuanya untuk menyiapkan biaya yang tidak kecil atau mungkin orang tuanya sudah mempersiapkan dengan menabung sedikit demi sedikit dari jauh-jauh hari, jika bekerja artinya mereka harus menggantung cita-citanya di langit.

Kalau melihat hal seperti ini, bukankah kita yang memiliki kesempatan untuk belajar ke jenjang lebih tinggi sangat beruntung? Lantas kenapa kita tidak belajar sebaik mungkin?

Kuliah dan kerja sekaligus sebenarnya bisa dilakukan, akan tetapi jika kita memutuskan untuk ini kita harus punya komitmen terhadap apa yang kita lakukan, benar-benar fokus dan tidak mudah menyerah. Pilihan yang bisa dilakukan adalah:

1. Kuliah sambil kerja

Kita bisa mengambil keputusan ini dengan mencari kuliah malam dan bekerja di siang hari, akan sedikit melelahkan akan tetapi jika kita fokus dengan apa yang kita cita-citakan kita bisa memacu diri kita sendiri agar bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Dan jika mengamil pilihan ini, artinya kita harus pandai-pandai mengatur waktu, kapan belajar dan waktu untuk bermain/istirahat.

2. Kerja dulu baru kuliah

Pilihan ini pilihan paling bijak karena kita tidak memforsir tubuh kita untuk bekerja extra akan tetapi kita memang akan loose di waktu, karena usia makin bertambah dan lagi terkadang saat kita sudah mendapatkan penghasilan maka kita akan lupa dengan tujuan semula kenapa kita bekerja. Kalau memang tujuan bekerja untuk menabung dan dipakai biaya kuliah, kita harus pandai menyimpan uang dan tetap fokus dengan tujuan kuliah.

Apapun pilihannya, dalam kehidupan banyak hal yang haarus kita perjuangkan. Kita jangan berpikir mereka yang terlahir dari keluarga serba berada dan berkecukupan tidak melakukan perjuangan. Mereka pasti sama dengan kita. Belajar mensyukuri keadaan kita saat ini dan mulai merencanakan masa depan dari sekarang. Karena nasib kita tergantung pada kita sendiri.

 

Advertisements

16 thoughts on “Kuliah atau Kerja

  1. Kalau dana cukup kuliah dulu, supaya fokus ke studi dan cepat selesai.

    Salam dari Adelays yaa… Selamat Milad Mbak HH. Semoga sehat selalu, blognya tambah maju dan rame pengunjung, dan sukses selalu, sehat dan berkah.
    Amiin….

  2. kalau saya sih lebih suka fokus kak, jadi saya pilih kuliah dulu, nanti kalau sudah lulus diwisuda, baru kerja. tapi mungkin yang lain beda pendapat dengan saya karena ada alasan 😉

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s