Toilet mencerminkan kepribadian kita? WOW!

Toilet, konon kabarnya mencerminkan kepribadian kita. Kalau tolietnya jorok berarti si empunya rumah jorok, mungkin simplenya seperti itu ya? Artikel ini, tercetus di saat saya capek dan istirahat di tengah-tengah kerja tanpa jam istirahat! Parah, ya? Tempat duduk saya ada di dekat kamar mandi yang membuat saya otomatis sering bawel dengan toilet paper yang habis atau oknum-oknum yang keluar dari kamar mandi tampa nyemprotin pewangi ruangan.

Dari cerita di atas, saya mikir…saya di sini menjabat sebagai penjaga kemar mandi sekaligus! Dan juga, beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah film televisi yang mengkampanyekan pentingnya kebersihan sebuah toilet! Film ini ber-setting di Singapura. Kita semua tahu, bagaimana kebersihan di sana. Dalam film itu, karena sangat pentingnya sebuah toilet sampai ada yang namanya “Departemen Toilet” dan ada menterinya juga, yang bertugas mengurusi toilet dan tetek bengek yang berhubungan dengan toilet.

“Keadaan toilet di dalam suatu negara mencerminkan kepribadian bangsanya”

Quote di atas sempat dilontarkan oleh Menteri Toilet mereka, dari situ ingatan saya langsung melayang ke toilet di Bandara, he he he. Saya pernah ada pengalaman muntah-munta di Bandara Igusti Ngurah Rai pas masuk toiletnya, padahal saat itu keadaan toilet masih baru dan itu kamar mandi kan kamar mandi kering kenapa jadi banjir?

Pengalaman lain dengan toilet adalah saat mudik, karena saya dan suami mudik ke Jawa bawa mobil sendiri alias lewat darat jadi banyak pengalaman lucu dengan toilet. Kami kan biasanya nebeng pipis di SPBU nah, iseng-iseng saya perhatikan, SPBU yang punya Mushollah toiletnya selalu lebih bersih dari yang tidak ada Musholahnya.

Teman, ada yang punya pengalaman seru dengan toilet?

 

8 thoughts on “Toilet mencerminkan kepribadian kita? WOW!

  1. Setuju sih tentang pendapat toilet mencerminkan kita. Jadinya sedih setiap kali ke toilet umum di sini. Hiks. Banyak yang ga sadar buat jaga kebersihan toilet itu cerminan diri sendiri.

    Iya, lho….apalagi yang berpikiran kebersihan toilet itu tanggung jawab pembantu dan OB, uuuurrghh…

  2. Setuju banget Han, kalau toilet itu dapat mencerminkan kepribadian empunya rumah. Saya punya toilet gak bagus tapi selalu bersih 😀

    Iya teh…meski jelek, yang penting bersh dan wangi he he he

  3. Adaaaa..

    Jadi waktu itu KNIA baru aja dibuka, dan aku pas ke toilet ngegap adek bayi boker di wastafel, Mbak! Aku shock. Grrrr.. Mungkin gegara ngga ngerti pakek toilet model duduk en pencetannya.. 😦

    Astaugfirullahaladzim….jorok banget…hadeh..mual jadinya ngebayanginnya

  4. Eh seriusan ada departemen toilet di singapore ??? cius lho aku baru tau. Berarti kalo negara terbesar di asia gimana tuch ??? berarti kepribadian negara nya xxxxxxxx secara banyak toilet yg ngak disiram dan bau 😦

    Nah, itu di film Bang Cumy…aslinya belum denger juga sih, he he he. Kalau toilet bau dan kotor, berarti ya jorok gitu aja, he he he

  5. Kalo kabinet kita boro2 mikirin toilet, mikirin utang aja nggak kelar-kelar :mrgreen: Apa kabar Hani ? 🙂

    Duh…Kang, sebenarnya masalh ginian sih jadi tanggung jawab bersama, jangan sampai kotor. Saya miris dalam lingkungan kecil misalya kantor, mereka menyerahkan urusan ini 100% ke OB kan bukan begitu, OB bagian bersih-bersih kita bagian menjaga kebersihannya. Alhamdulillah kabar Hani, baik…Akang gimana?

  6. Ya… kelihatannya memang ada kaitannya antara kebersihan toilet dengan cara pandang suatu bangsa terhadap kesehatan secara umum, dan terhadap tingkat kebersihan..yang mana itu juga merupakan salah satu kepribadian ya Mbak..
    Di negara kita, walaupun masalah kesehatan dan kebersihan juga relatif mendapat perhatian yang cukup baik, namun masih belum optimal. Sehingga jika kita bandingkan dengan negara lain, mungkin tingkat kebersihan toilet kita ada di tengah-tengah barangkali. Saya melihat toilet umum di beberapa negara jauh lebih bersih dibanding di Indonesia, namun ada beberapa negara yang pernah saya lihat, toilet umumnya juga lebih jorok dibanding toilet di negara kita.
    Tulisan pengingat akan kebersihan toilet seperti di atas jadi mengingatkan setiap pembacanya untuk lebih meningkatkan lagi kebersihan toiletnya masing-masing.. termasuk saya juga he he. Thanks ya,Mbak Hani…

So what's your opinion?

