Leaving a Legacy

Leaving a Legacy adalah sebuah tulisan untuk melunasi hutang. pas lagi sharing di Group Marketer DeZavo tiba-tiba saja saya ingat ada hutang untuk menulis tentang masalah ini.

Leaving a Legacy (meninggalkan warisan) dalam konteks “bukan harta benda, melainkan sebuah karakter bawaan”. Sebagai orang tua kita secara tidak sadar meninggalkan warisan-warisan kebiasaan yang mendarah daging dan menjadi karakter. Jika itu kebiasaan bagus, maka bagus bagi anak-anak akan tetapi jika tidak maka saya meyakini kalau kesalahan ada pada orang tua. Kalau sahabat meyakini hal yang lain, silahkan…..

Sebagai contoh sebuah kebiasaan malas-malasan, kalaulah anak dari kecil dibiasakan bergerak, ringan tangan dan diberikan contoh seperti itu saya yakin anak-anak akan menirunya. Monkey see, monkey do. Anak-anak cenderung menirukan orang dewasa di sekitarnya, dalam hal ini yang pertama kali dilihat adalah orang tuanya. Selalu berteriak “JANGAN MAINAN HP TERUS!!!!!” tapi emak dan bapaknya pegang HP mulu sepanjang hari sambil tiduran.

Lain halnya kalau main HP-nya ini kerja, jualan, saya yakin anak-anaknya akan mengikuti. Lha anak saya yang usia 3tahun saja suka ikut-ikutan telphon-telphonan pakai HP mati ke client. Dia pretending dapat telpon dari client karena dia sering melihat hal tersebut.

Hal lain lagi adalah mindset. Mindset itu bisa diwariskan. Jika kita biasa menanamkan mindset sebagai peminta-minta maka jangan kaget jika anak-anak kita akan memiliki mindset yang sama meskipun lingkupnya hanya pada keluarga terdekat.

Jadi, sebenarnya Leaving a Legacy hanya istilah saya saja, he he he.

Karena pada kenyataannya, melakukan hal-hal baik adalah salah satu upaya untuk meninggalkan warisan terbaik untuk anak-cucu kita.

2 thoughts on “Leaving a Legacy

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s