Raport Zafa December 2018

Bulan ini Zafa genap 4 tahun dan Bapaknya Zafa terima Raport untuk bulan ini. Over all, alhamdulillah saya cukup bangga dengan perkambangan Zafa dalam satu bulan ini. Artinya ada peningkatan di beberapa subject meski ada yang masih stuck, untuk yang masih stuck ini kami harus membuat plan agar ada peningkatan. Jadi, semenjak Zafa tidak masuk sekolah secara formal maka saya pun harus membuat kurikulum sendiri untuk memantau perkembangannya.

Yes, Happy Mom is Raising Happy Baby so I maintenance my self to be happy.

20181111_182712Rangkuman dari raport Zafa Desember ini adalah kami sebagai orang tuanya harus lebih encourage dia untuk kreatifitasnya dengan memberikan experience-experiences di kehidupan nyata agar imajinasinya terus berkembang selain dari subject lain seperti mengaji, hafalan surat pendek. Karena hal-hal yang bersifat hafalan ini menurut saya bukan hal yang sulit.

Dengan peningkatan yang ada bukan berarti kami bisa berpuas diri akan tetapi, kami terus belajar agar bisa menunaikan amanah yang Tuhan berikan ini sebaik mungkin. Kami berusaha terus mengarahkan Zafa dengan disiplin tapi dia tidak merasa berat yaitu dengan kami bersikap adil. Jika salah buat Zafa artinya salah juga buat semua orang. Sebagai contoh; jika Zafa tidak boleh teriak atau main gadget berarti aturan itu berlaku untuk semua orang di rumah.

Sejujurnya saya melihat Zafa seperti melihat saya sendiri saat kecil, suka berimajinasi. Kalau ibu saya dulu bilang saya suka mengkhayal. Saya tidak ingin Zafa menjadi saya yang akhirnya tidak terarah bakatnya karena ketidak tahuan orang tuanya karena jaman sekarang informasi sudah gampang di dapat beda dengan jaman dulu.

Sayapun berusaha tidak menjadikan anak seperti yang saya mau dengan selalu mengatakan“Nak, kamu harus ini, kamu harus itu” kami ikutin apa mau dia dan arahkan jalannya jika salah. Kami sifatnya hanya mengkoreksi tapi tidak mendikte oleh karenanya saat kami ingatkan sesuatu Zafa cenderung nurut bukan karena takut kepada kami, karena kami termasuk orang tua yang tidak pernah meneriaki anak dan pakai marah-marah saat anak ga nurut.

Kebutuhan tertinggi saat ini adalah banyak jalan-jalan yang belum benar-benar kami penuhi. Karena jalan-jalan butuh banget budget dan energy tinggi. Jadi, kami pun berusaha penuhi semampu kami yang penting dia ga missing the point. Karena usianya sudah 4 tahun jadi lebih mudah juga sekarang dia menerima informasi tentang sesuatu.

Advertisements

4 thoughts on “Raport Zafa December 2018

    • Bisa dibilang begitu selama dia belum masuk sekolah formal.
      Kan anak seusia dia sudah pada masuk sekolah PAUD dan TK tapi Zafa belum sama sekali jadi akhirnya bkin kurikulum sendiri, hehehe.

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s