Hainan, I’ve been there and will be there!

HAINAN, Orang bilang Hainan itu Hawaii-nya China akan tetapi buat saya kaya LA alias Los Angeles, kenapa demikian? Simple! Karena saya belum pernah ke Hawaii ataupun ke Los Angeles! Hahaha.

Propinsi Hainan merupakan propinsi paling selatan China yang berdekatan dengan Vietnam. Suasanyanya  ga ubah seperti di Indonesia, ada pedesaan, pegunungan dan pantai. Namun, suasana yang damai di tengah keramaian ini bisa banget kita rasakan karena sepoi-sepoi anginnya dan juga kearifan local yang masih belum begitu ternoda! Auugh…..jangan sampai ternoda! 😀

Di tahun 2008 Hainan ditetapkan sebagai destinasi wisata international, berarti dulu pas saya kesana belum ditetapkan sebagai destinasi international dong, ya? Saya kesana di awal tahun 2002 atau 2003, masih belum ada social media seperti sekarang pun foto tercetak entah ada di mana.

Saat berada di Hainan, saya pernah membayangkan hal yang cukup romantic yaitu bertemu dengan cowok ganteng nan baik hati di Dongsheng Ridge. Dongsheng Ridge merupakan kawasan pegunungan dengan beberapa Kuil, begitu masuk aroma wangi dupa akan tercium. Pada sejarahnya area ini di sebut Beacon Hill. Di sini, kita bisa berjalan sambal menikmati pemandangan yang sejuk dan indah, bahkan kalau mau mendaki sedikit bisa menemukan beberapa bebatuan yang sepertinya  hidup. Yes, this is Hainan first Montain! Jadi, kalau kita banyak membaca literature China saya jamin ingin mengunjungi tempatnya satu-persatu.

dongshan ridge

Merasa pernah melihat ini? Ya, pasti dong! Jika melihat ini berarti kita sudah ada di Dongsheng Ridge. Tempat ini lumayan sering dipakai shooting drama-drama, film bukan hanya oleh industry film China tapi juga Korea.

Ya…sekarang lupakan bertemu cowok ganteng itu, karena saya sudah menemukannya, meskipun tidak di Hainan akan tetapi dia yang akan saya bawa ke Hainan! Hahahha.

Destinasi selanjutnya yang wajib dikunjungi jika ke Liburan ke Hainan adalah tempat di mana Patung Raksasa Dewi Kwan Im berada. Siapa Dewi Kwan Im itu? Kwan im merupakan Dewi Welas Asih yang kalau di dunia kita kenal Dalai Lama (Buddha) itu merupakan wujud reinkarnasi dari Dewi Kwan Im.

Patung ini merupakan icon dari Nanshan, landmark pulau Sanya dan Hainan dan merupakan tempat yang hampir setiap turis ke Hainan menjadikannya tempat wajib kunjung! Patung yang terletak sangat megah dan anggun, memiliki tiga wajah yang secara sengaja diposisikan sedemikian rupa sehingga seolah melindungi China dan dunia di luar pantai.

Secara keseluruhan, tempat ini harus dikunjungi ketika di Sanya. Bagus untuk banyak pilihan foto. Paling tidak kita harus menyediakan 4 jam ya berkeliling di sini?

Setelah melakukan kunjungan ke Nanshan Temple ini, akan lebih enak jika dilanjutkan dengan makan vegetarian Buffet! Sebagai karnivora mencoba makanan vegetarian ini lumayan sih…..meskipun kurang nendang! Akan tetapi, orang Buddha yang ilmunya sudah mencapai tahapan tertentu mereka memang tidak makan daging.

nanshan temple

Ini adalah Nanshan temple yang menjadi icon untuk Pulau Sanyan dan Hainan juga wajib kunjung jika kita ke Hainan. Dan ini merupakan patung tertinggi di dunia!

Setelah berjalan dan mencoba merasakan peaceful ambience di Nanshan temple, saya pasti kalau ke Hainan ingin merasakan keseruan Sanya Romance Park, konon di sana ada pertunjukan tari dan lagu yang spectacular dan terbaik di CHINA! Selain itu, ada juga colorful Zoo, yang ini beneran penasaran sekali plus Sanya songcheng ice world buat ngadem.performa keren di sanyan romance park

Sanyan Romance Park terkenal menyajikan tarian dan lagu terspektakuler dan termegah di China!

Yalong Bay merupakan tempat terakhir yang akan saya kunjungi, meskipun saya tahu di sana ada beberapa tempat menarik di dekat Yalong Bay ini, kafe-kafe bernuansa eropa dan juga beberapa restaurant yang menyajikan makanan-makanan western. Tempat ini menjadi tempat wajib buat para pembuat drama-drama romantis sepertinya, terakhir saya melihat Yalong Bay menjadi background dari drakor berjudul “Devilish Joy” hal ini semakin membuat saya ingin membuat bucket list tempat-tempat yang akan saya kunjungi jika ke Hainan.

Ombak di Yalong Bay lebih tinggi dari Sanyan, dan saat menyusuri jalan ini…..ini lho, yang orang bilang mirip Hawaii ya di sini! Tapi, menurut saya lebih mirip LA! Hahaha. Karena all the branded and luxuries hotels surround you!yanlong bay

Jadi, Hawaii atau LA? Sama cakepnya sih! Hehehe

Setelah mengetahui indahnya Hainan, kita juga harus tahu kalau berwisata ke Hainan itu mahal! Yes, Hainan adalah destinasi mahal meskipun equal dengan yang bisa lakukan di sana seperti bisa melakukan wisata pantai, budaya, kota sampai belanja! Jadi, menurut saya kalau mau ke Hainan ya bagusnya ambil tur paket wisata begitu. Bahkan di China sendiri pun, kita semua lebih senang berlibur dengan mengambil paket-paket wisata di mana, karena mau bagaimanapun yang paketan begitu pasti jatuhnya lebih ekonomis. Sekarang, mulai deh berseluncur mencari paket tour ke Hainan di internet.

Kalau saya cari-cari informasinya di Internet, saya sih Prefer mengambil paket wisata Hainan di HIS Travel. Di sana ada 3 paket Tour ke Hainan yang berbeda yang masing-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Ada HOT Hainan, Hainan Harmony dan yang terakhir Hainan harmony plus Macau. Kenapa Macau? F Y I, Macau juga destinasi kece (ini Las Vegas-nya China) di China sana dan merupakan destinasi mahal, hahaha.

Tapi, ini start 4juta sekian sudah all in kita sudah bisa jalan-jalan ke HAINAN kurang baik gimana? Dimulai dari tiket, akomodasi semua sudah disiapkan. Dan jadwal keberangkatannya pun setiap minggu. Akan tetapi untuk yang ada di Bali, kalian harus terbang ke Jakarta dulu karena harga paket start keberangkatan dari Jakarta.

HIS memang patut dijadikan sahabat kita buat travelling bukan hanya Paket Tour China akan tetapi banyak destinasi lainnya.

hothainan-blogcompetition-landingpage-01

 

*Kredit Gambar saya ambil dari Tripadvisor.com

Advertisements

16 thoughts on “Hainan, I’ve been there and will be there!

  1. Wuih tempat-tempat destinasi wisatanya luar biasa indah. Melihat fotonya saja saya sudah terpesona, apalagi menginjakan kaki disana dan menikmati langsung keindahan panoramanya.

    Semoga Mbak dapat melancong lagi kesana. Siapa tahu ketemu cowok ganteng yg dulu diidamkan…eh, jangan ya kan sekarang berkunjungnya ditemani suami…

    Salam.

  2. Aku sampai sekarang belum tertarik ke China. Kemaren sempat dipinggirannya aja si Shenzhen itu udah ya ampun ramenya manusia. Kalau ada kesempatan pengen ke Sanghai aja pengen naik tembok china. Itupun nanti nanti seh, kalau udah ke eropa, hehe

    • Aku lebih pada kesempatan Niee. Dulu masih lajang sih jadi aku hanya ikut-ikutan saja. Kalau Next sih aku punya impian bawa Zafa keliling dunia, tapi saat dia sudah mampu menyerap ilmu karena tujuannya ya world-schooling ga cuma sekedar jalan-jalan. Semua bermula dari mimpi, kan? Hehehehe

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s