Tips Menjaga Kehangatan Cinta Sampai Tua

Hanyalah sebuah fakta dan opini pribadi, serta ingin berbagi tips yang saya peroleh menganalisa secara diam-diam dari setidaknya 6 pasangan yang sudah menikah antara 15 – 35an tahun.

Mungkin sampling 6 pasangan tidaklah cukup untuk mendapatkan opini yang 100% akurat akan tetapi  bisa kita ambil pelajarannya.
Tips agar hubunga  kita dengan suami atau istri agar selalu hangat dan penuh cinta sampai tua bagaimana?
Papa and Bunda

Papa dan Bunda, menikah kurang lebih dari 40tahun. Papa yang romantis sangat kontra dengan Bunda yang cuek. Akan tetapi melihat mereka saat saling memperhatikan membuat iri. Papa memeluk pinggang Bunda meski Bunda menolak, alasannya “MALU”. Sambil nonton TV Papa mijitin kaki Bunda yang kecapekan. Dalam 40tahun pasti banyak  masalah datang silih berganti, namun saya melihat mereka saling hormat dan menghargai satu sama lain dengan memposisikan posisi masing-masing sebagai suami dan istri. What’s else be possible?

Pertama : saling menghormati dan menghargai satu sama lain karena cinta saja tidak cukup.

Saling cinta tapi tidak ada rasa hormat dan menghargai pasangan artinya kita main di “ego”. Ego ini tanpa rasa hormat dan menghargai jatuhnya akan sering menyakiti orang lain.

Apalagi suami/istri adalah orang yang akan hidup dengan kita di akhir hayat, jangan sampai suami/istri menyimpan amarah apalagi dendam terhadap perbuatan kita di masa tua dan sampai diakhir hayatnya. Sebagai manusia ber-Tuhan menurut saya ini sangat menakutkan.

Dengan adanya hormat dan menghargai maka kita pun cenderung untuk melakukan  komunikasi yang baik denga  pasangan.

Kedua : Menjaga Kepercayaan pasangan kita.

Masih berhungungan dengan point satu. Jika kita menghargai dan menghormati pasangan kita maka kita tidak akan membohongi dia.

Kebohongan ini tidak melulu tentang selingkuh dan di dalam hubungan suami istri, sekecil apapun kesalahan kita semua itu akan menjadi masalah jika tidak diselesaikan. Jangan meremehkan hal-hal kecil dan punya pemikiran “paling juga dimaafkan” mungkin iya, kita sudah dimaafkan tapi sebagai pribadi apakah kita tidak merasa bersalah dan malu tanpa minta maaf.

Biasakan meminta maaf kepada pasangan meski kesalahan itu sengaja atau tidaj kita lakukan, besar atau kecil.

Kesalahan paling fatal dalam rumah tangga adalah jika salah satu sudah berani berselingkuh. Sebelum melakukan ini pikirkan dosa dan akibat yang terjadi pada anak, keluarga kita. Mintalah perlindunga  dari Tuha  Sanf Maha Kuasa agar kita dijauhkan dari sifat khianat ini. Naudzubillah.

Ketiga : Implementasikan rasa sayang terhadap pasangan dengan perhatian dan sikap serta tindakan.

Besar dan kecil dalam rumah tangga perlu sekali perhatian itu ada. perhatian adalah biah sikap dari  kepedulian kita terhadap pasangan. Kenapa perlu? Perhatian-perhatian ini yang mencairkan kebekuan, menghangatkan hati yang dingin.

Perhatian ini ibarat bintang yang semakin indah kita pandang di malam gelap. Lakukan dengan tulus. Jika bisa, jangan sungkan untuk bilang sayang.

Keempat : penuhi tanggung jawab sebagai pasangan sebagaimana mestinya.

Jaman sekarang sudah umum sekali, perempuan giat bekerja untuk memnuhi kebutuhan keluarga. Harus diketahui, kalau pun istri ada keinginan bekerja dan berkarya, hasilnya tidak ada kewajiban untuk dihabiskan untuk kebutuhan rumah tangga. Itu hak-nya untuk berbelanja keperluan dia, membahagiakan keluarga yang sudah dia tinggalkan demi bersamamu dan jika pun istri mau memberikan untuk keperluan  rumah tangganya, itu sifatnya sedekah. Tidakkah malu disedekahin istri?

Kelima : Selalu support pasangan untuk meraih cita-cita atau impiannya.

Sebagai individu pastilah pasangan kita memiliki impian yang ingin diraih. Jangan sampai gara-gara menikah dengan kita impiannya mengabur dan bahkan dia harus melupakannya. Yang artinya dia tidak bahagia selama menikah dengan kita.

Keenam : Sekali-kali lakukan ReNewal terhadap pernikahan.

Renewal bukan berarti menikah lagi akan tetapi dengan sengaja membangkitkan gairah pasangan kita seperti awal menikah. Idealnya sih lakukan sesering mungkin agar kita tidak lupa bagaimana caranya membuat pasangan kita memiliki gairah yang sama di saat awal menikah.

Lakukan komunikasi seperti awal-awal pernikahan. Komunikasi yang hangat dan penuh dengan hasrat agar pasangan percaya dan yakin untuk hidup dengan kita.

Mengajak pasangan melakukan perjalanan yang berkualitas mungkin akan membantu. Atau mungkin sekedar belanja dan mengajaknya makan. Lemparlah topik obrolan yang membuat kita mengingat masa-masa indah.

Ketujuh : Melakukan  ke-6 tips yang sudah saya bagikan di artikel ini dengan ihklas, tulus dan bersungguh-sungguh.

Tentu saja semua itu harus dibarengi dengan doa kepada Tuhan Sang Maha Membolak-balikkan hati agar kita selalu diberikan jodoh dengan pasangan kita sampat nanti di Syurga.

Semoga yang membaca ini pun memiliki keluarga yang bahagia dan pernikahannya mendapatka  Ridho dari Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Penyayang.

 

Advertisements

One thought on “Tips Menjaga Kehangatan Cinta Sampai Tua

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s