Tips Lawan Bad-Mood

a good moodDi dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita tidak bisa menghindari konflik dan entah kenapa terkadang satu konflik dilanjutkan dengan konflik-konflik yang lain dalam hari yang sama, bukankah hal ini hanya menambah beban hati dan pikiran. Lalu, apakah kita akan membiarkan semua berjalan sesuai dengan mood tersebut? jika, hal ini terjadi sudah pasti mood tidak baik. Maka, kia harus belajar melewati phase “buruk” ini. Dan kabar buruknya, hal seperti ini terjadi pada setiap orang, bahkan mereka yang selalu memandang sesuatu dengan positive thinking, hanya saja yang berbeda cara merespond-nya.

Berikut tips untuk melewati phase kejadian-kejadian yang membuat kita bad-mood dengan harapan mood kita kembali membaik.

Pertama : Jika, kita seorang muslim ada baiknya perbanyak Istighfar, mengaji atau jika bukan maka bisa dengan Do’a yang kita yakinin bisa membuat kita merasa lebih baik. Tarik nafas dalam-dalam, biarkan oksigen masuk ke dalam otak lalu coba tersenyum di depan kaca, puji diri kita sendiri. Katakan “Tidak ada yang bisa merusak moodku, tidak ada yang bisa membuatku marah”. Diam, minggir dulu, lakukan self-talk tentang hal yang baik.

Kedua : Pikirkan tentang hal-hal yang baik dan lupakan masalah itu setelah dada sedikit legah. Jika, yang membuat mood buruk adalah datangnya masalah, maka focuslah pada berpikir “bagaimana agar masalah terpecahkan” lupakan tentang masalah itu sendiri.

Ketiga : Ingat kerugian besar yang harus kita tanggung jika kita ikutin mood. Waktu yang harusnya kita lewati dengan senang hati malah rusak gara-gara kita bad-mood gara-gara orang lain.

Keempat : Don’t feel, Think! kebalikan dari quote Bruce Lee ini. Jadi, kalau di rasa sangat menyakitkan, bikin kecewa, jangan rasakan tapi pikirkan tentang hal baik yang akan kita dapat dengan adanya kejadian tersebut.

Kelima : Langkah 1 – 4 sudah dilakukan masih feeling bad? Coba ke kamar mandi, masukkan kepala ke dalam air dan berteriak di sana. Atau ingin menangis? menangislah sampai semua emosi keluar dan dada tidak sesak lagi.

Keenam : Move On dan lakukan kegiatan yang membuat kita lift up mood menjadi lebih baik.

Ketujuh : Maafkan. Maafkan diri kita sendiri, maafkan orang lain jika menurut kita orang lain yang jadi penyebabnya. Be happy, then!

One thought on “Tips Lawan Bad-Mood

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s