3 Powerlful Skill Dalam Sales

Powerful Skill on SalesKunci sukses berbagi dan menjual product, service dan ide adalah bertanya dan mendengarkan dengan baik, berhati-hati terhadap jawaban yang kita tanyakan.
Jadi, bukan meyakinkan customer akan tetapi mengetahui apa yang mereka inginkan adalah kuncinya.

3 Skil Dasar Yang Powerful itu adalah:

1. Ketulusan
2. Etika
3. Bertanya

3 skill yang tidak bisa digantikan oleh robot atau system. Saya senang saat menyadari ini karena setiap orang memiliki ketulusan, etika dan keingknan bertanya pada diri mereka. Sehingga berjualan dengan pasti bisa dilakukan oleh siapapun, tidak butuh bakat.

1. Ketulusan

Jika bicara pada ketulusan, maka yang kita butuhkan adalah ketulusan dalam mendengarkan tanpa ada rasa pikiran tentang quota, tentang penjualan, komisi, jadwal dsb.

Jadilah konsultan, jadilah teman..jika diajak tertawa maka tawanya pun harus layak tawa seorang teman, tapi teman baik ya? Jadi TULUS.

Ketulusan focus pada customer

Ada quote yang saya simpan dalam hati saya kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan di dalam hidup ini jika kita sudah memberikan lebih dari cukup apa yang orang butuhkan

Selalu meletakkan diri kita setelah orang lain bukanlah kebodohan.

2. Etika

Di dalam sales sungguh sangat tidak etis saat kita memaksa orang untuk membeli barang kita. Jadi, di sini saya memang tidak mendukung hard sales karena itu bikin ga nyaman..kalaupun kita type penjual ini seharusnya kita rubah saja. Sungguh ini bukan untuk long term relationship. Kalau calon pembeli ga jadi beli jatuhnga “awkward” dan malu.

Tugas kita adalah memberikan informasi yang client butuhkan lalu menggiringnya membuat keputusan yang tepat.

Jika pun client akhirnya membuat keputusan lain, ya tidak apa kita harus tetap menerimanya dg lapang dan senyum tulus. Ingat saja bahwa apa yang terjadi sekarang mungkin nanti akan berubah.

3. Bertanya

Untuk tahu apa yang client inginkan, kita harus bertanya. Sungguh wajar sekiranya, bagi kita yang ingin menjual sesuatu bertanya kepada calon pelanggan kita sedetail mungkin agat kita bisa memberikan hal yang tepat.

Kalaupun client akhirnya memberikan informasi kurang jelas karen mereka sendiri belum faham, maka kita yang harus membantu mengkerucutkan apa yang mereka inginkan bukan serta merta bilang “ga bisa, harus begini dan begitu” lagi pula dari pengerucutan informasi ini jika mereka tidak tertarik akan ketahuan kok.

Semua kembali ke point #1 TULUS jika semua kita lakukan dengan tulus isnyaallah buahnya manis.

 

*Artikel ini pernah saya sampaikan sebagai bahan materi sharing WAG Marketer Dezavo Indonesia, hopsitality supplier company besar di dunia.

Advertisements

One thought on “3 Powerlful Skill Dalam Sales

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s