Bintang Kecil….

I'd like to pick up the stars and put them in my room 🙂

“ Bintang kecil Dilangit yang tinggi,
Amat banyak, menghias angkasa
Aku ingin, terbang dan menari, jauh tinggi ke tempat kau berada “


Lagu ini, lagu anak-anak pertama yang kuhafal sebelum Lihat Kebunku yang diajarkan oleh Pak dheku, kakak dari Bunda. Lagu yang menurut aku mempunyai filosofi tentang sebuah impian. Karena aku, gadis kecil yang penuh impian.

Masih terekam jelas di ingatanku, bagaimana saat Pak Dhe yang saat itu lebih banyak mengasuhku karena dia sendiri belum mempunyai istri dan juga anak, menggendongku, mengajakku nonto bola atau menontonnya bermain bola dan volley dan sering kali menceritakan tentang impian-impian, mengajakku menjadi gadis kecil yang tegar dan harus kuat, sangat mirip dengan Bunda. Mungkin karena mereka bersaudara sehingga memiliki pemikiran yang sama. Dan mengajariku tentang kemandirian, padahal usiaku saat itu masih 4 atau 5 tahun.

Selalu bertanya “ cita-citamu apa? “ hari ini aku bilang “ ingin jadi dokter “ besuknya di Tanya lagi “ cita-cita kamu apa?”dan jawabanku akanberbeda “ ingin menjadi guru “ di lain kesempatan Pak dheku bertanya lagi “memangnya cita-cita kamu apa? “ dan jawabanku tidak akan sama “ mau jadi wartawan! “ biasanya Pak Dhe akan menggendongku, mendudukkanku di atas gapura setinggi satu meter di depan rumah nenekku (sekarang sepertinya sudah tidak ada), kalau ingin cita-citanya tercapai berarti harus nyanyi dulu, Pak Dheku selalu bilang begitu (dia selalu memaksa mengajariku menyanyi padahal aku tidak suka menyanyi) dan akhirnya lagu yang aku nyanyikan “Bintang Kecil”

Dan sampai dewasa, aku menyukai lagu itu. Seolah masa kecilku kurang bahagia. Namun, arus hidup yang keras memang membuat aku menjadi seorang pemimpi yang keras kepala dan terlalu mengada-ada menghubung-hubungkan Lagu Bintang Kecil dengan Filosofi tentang impian.
Impian yang setinggi apapun akan terus aku kejar dan aku percaya semua mimpiku akan menjadi nyata.
Keadaan yang membuatku percaya bahwa setiap impianku akan menjadi sebuah kenyataan, karena aku akan terbang dan menari untuk menggapainya.

Jikapun, semua orang menganggapku aneh, tak mengapa. Karena hanya aku dan Tuhan yang tahu sudah berapa impianku yang dikabulkan-Nya. Karena mimpiku adalah doa dan usahaku untuk menjadikannya nyata.

“ Aku ingin, terbang dan menari, jauh tinggi ke tempat kau berada “

Dini hari ini, aku menuliskan kerinduanku terhadap pendar –pendar bintang sahabatku yang sudah beberapa hari tak nampak karena hujan. Aku rindu menatapnya, aku rindu melihat impianku yang rasanya merapuh dan melemah. Aku rindu dengan semangat hidupku yang selalu terang benerang yang bahkan tak hanya menyinari diriku sendiri.

“ Aku ingin hidupku lebih berarti, seperti Bintang “

Aku rindu dengan mimpi indahku,

Rindu akan tarian gemulaiku menggapai bintang,

Sungguh aku rindu dengan sinar temaramnya yang memperelok malam,

Rindu dengan pendar-pendar cerianya menemani mimpi,

Aku ingin hidupku lebih berarti, tidak hanya merangkai detik detik waktu menjadi rangkaian waktu terbuang sayang…

Ah, untuk mimpi tak selalau harus tidur dulu…

26 thoughts on “Bintang Kecil….

  1. Tetap semangat utk menggapai cita2 mu seperti bintang ,HAni sayang
    tak apa bintang tak lagi muncul krn mendung, namun ketika hujan berhenti nanti akan ada pelangi indah seperti kehidupan yg penuh warna warni . 🙂
    salam
    =========================

    terimakasih motivasinya, Bunda.

    Dalam setiap kesempatan Hani selalu mengupgrade semangat yang kadang melemah.

    Salam sayang!

  2. Wah…ntar bisa di tuntut sama pencipta lagu ny loh mbak… hehe ^^
    =========================
    Malahan dia yang harus berterimakasih sama saya, karena saya sudah mempopulerkan dan melestarikannya 😀

    He he he he

  3. Bintang kecil, ya saya juga masih ingat sampai sekarang syair lagunya, bahkan sering saya nyanyikan untuk anak-anak saya sebelum tidur, dari kesimpulan postingan neng di atas sepertinya kita sebagai manusia mestinya harus mempunyai prinsip dalam menjalani hidup, dan harus mempunyai pribadi yang kuat untuk menggapai cita setinggi langit, sehingga tidak terpengaruh oleh lingkungan disekitar kita, terserah orang mau bicara apa, dengan apa yang kita lakukan, karena hanya kita yg tahu, tujuan hidup kita, betul ngga neng.
    ==========================

    Bener sekali, bang di samping itu saya di sini juga ingin menyampaikan bahwa kita jangan gampang menyerah pada keadaan untuk sebuah impian…

    🙂

    Salam!

So what's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s