Kenapa harus menulis?

Saya beranggapan bahwasannya menulis hanyalah sebuah hobby untuk saya, meskipun saya sering mengungkapkan cita-cita saya yang ingin menjadi penulis dan tahu apa tanggapan orang-orang terdekat saya? Mereka tertawa, entahlah mungkin itu tawa atau senyum dukungan atau ejekan karena mereka tahu saya sangat tidak disiplin untuk mengejar mimpi saya sebagai seorang penulis, pendongeng. Saya yang membuat mereka mentertawakan mimpi dan impian saya.

Dalam sebuah Film “Being Flynn” Film ini bercerita tentang seorang penulis yang sudah 18 tahun tidak bertemu dengan ayahnya yang memang sangat misterius keberadaannya yang juga seroang penulis dan berpikir bahwa anaknya memiliki bakat yang sama dengan dirinya yaitu “menulis” saya memahami arti dari menulis yang tak sekedar dari “hobby” dan “pelarian” atau saya selalu memakai istilah “Therapy”.

Menulis itu tidak boleh coba-coba, menulis atau tidak sama sekali. Dan salah satu cara belajar menulis paling mudah adalah bertemu banyak orang, pelajari karakternya dan tuliskan. Hidup itu mengumpulkan bahan, bahan untuk menulis. Hidup untuk ditulis. Menulis, kita bisa menuliskan apa saja tentang kehidupan kita. Kita semua adalah penulis.

Kita seharusnya menuliskan, membukukan tentang kehidupan kita sehari-hari kita sehingga kita mempunyai buku kehidupan, tentang baik dan tentang buruk, sehingga kita lebih bersyukur bahwasannya kita memiliki hal-hal yang menarik dan tak selalu membosankan, kita memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh orang lain dalam kehidupan kita; entah itu kisah cinta kita, kekasih kita, ibu kita, saudara, teman kita atau kita sendiri, karena ini buku kita maka kita yang memiliki hidup ini dan kita yang menjadi pemeran utamanya.

Jadi, mulai kapan kita menulis? Kenapa kita menulis?

2 thoughts on “Kenapa harus menulis?

So what's your opinion?

