Alasan kenapa jangan merokok

Merokok – Saya tidak akan  berbicara bagaimana tidak sehatnya merokok atau bahayanya merokok terhadap paru-paru kita terlebih lagi terhadap perokok pasif. Karena saya yakin bahwasannya semua orang tahu betapa bahayanya merokok.

Saya pribadi tidak suka merokok, reaksi pertama saya saat menghisap asap rokok yang walaupun cuma kebetulan adalah sakit kepala dan jika saya saat itu baru selesai makan akan disertai mual-mual.

Saya berpikir, laki-laki yang tidak merokok itu sungguh keren karena dia tidak egois mikirin kesenangannya sendiri, jadi mohon maaf buat perokok yang akan saya bilang kalian itu mikirin diri sendiri saja.

Papa saya dulu merokok, sehari bisa habis satu pack bahkan kurang! Akan tetapi kurang lebih sepuluh tahun atau 11-12 tahun yang lalu Papa saya berhenti merokok. Saya berikan pengertian tentang bagaimana efek buruk merokok apalagi dengan usianya yang semakin bertambah. Kami, anak-anaknya masih butuh kasih sayang beliau jadi dengan lugas saya bilang kalau saya gak mau Papa meninggal terlalu cepat akibat merokok.

Suami saya dulunya juga merokok, namun saat dia berniat melamar, saya bilang kalau saya sangat gak kuat dengan asap rokok dan saya juga gak akan pernah rela jika nanti anak saya menghirup asap rokok dari rokok yang dihisap Ayah-nya. Alhamdulillah, dia pun behenti merokok.

Kakak laki-laki saya pun demikian, dia berhenti merokok sebelum si Junior lahir ke dunia. Dia mikir kalau saat Ramadhan saja seharian bisa nggak merokok kenapa gak berhenti sekalian saja.

Mendengar berbagai alasan tentang sulitnya berhenti merokok, inti dari 3 cowok keren dalam kehidupan saya ini adalah NIAT. Kalau niat berhenti ya, bisa.

Coba saja sekarang hitung, 1 pack buat dua hari saja kalau kita hentikan kita bisa menghemat berapa rupiah? Katakan rokok 1 pack 12.000 dan satu bulan ada 30 hari, dalam satu bulan kita bisa mengeluarkan uang Rp. 180,000 hanya untuk rokok, kalau setahun berapa? Coba deh kalau di tabung kita akan punya tabungan Rp.2,160,000 yang bisa buat liburan akhir tahun atau lebaran, ini kalau 1 pack dua hari kalau yang sehari 1 pack? tinggal kalikan 2 saja.

Tanpa ada maksud menggurui, bagi para suami perokok ini tak sedikit saya jumpai mereka rela mengabaikan istri dan anak demi kepentingan merokok-nya. Bahkan ada pula yang berpikir lebih baik gak makan daripada nggak merokok.

Anda boleh marah dan tidak suka dengan sikap reseh saya dengan artikel ini, tapi sekali lagi ingatlah akan kesehatan diri sendiri. Bagi pria atau pun wanita bukan hanya kanker paruh-paruh yang bisa diakibatkan oleh merokok bisa juga impotent dan juga keguguran.

Lagi pula dengan tidak merokok wajah Anda bisa terlihat berseri-seri terus lho…

14 thoughts on “Alasan kenapa jangan merokok

  1. satu lagi nih. sebaiknya pemerintah melarang varian rokok dikembangkan. makin lama jenis rokok makin bermacam-macam. rasa inilah rasa itulah… bagusnya sih pabrikan rokok jangan berinovasi lagi dengan produknya

So what's your opinion?

